Caption: Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham, Cahyo R. Muzhar, beserta jajarannya saat menggelar konferensi pers usai sosialisasi penguatan dan pembekalan bagi para notaris baru di Kota Cirebon, Kamis (16/5). Foto: Tarjoni/Ciremaitoday

Dirjen AHU Peringatkan Notaris Jangan Asal Beri Password ke Staf

Ciremaitoday.com, Cirebon-Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, menggelar sosialisasi penguatan dan pembekalan bagi para notaris baru untuk wilayah Jawa Barat (Jabar) di Kota Cirebon, Kamis (16/5).

Pada kesempatan ini, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham, Cahyo R. Muzhar, menekankan, agar para notaris baru dapat menjalankan tugas dan kewajibannya dengan penuh kehati-hatian. Sebab, kata dia, notaris adalah profesi yang strategis namun memiliki risiko yang tinggi.

Cahyo menjelaskan bahwa kehati-hatian adalah hal yang sangat diutamakan karena segala sesuatu yang dikeluarkan oleh seorang notaris harus dapat dipertanggungjawabkan.

“Kita ingin memastikan bahwa notaris ini melakukan tugasnya secara profesional, mengedepankan integritas. Dan juga prinsip kehati-hatian. Jangan sampai kemudian menjadi persoalan di kemudian hari,” ujarnya kepada wartawan usai sosialisasi.

Caption: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, menggelar sosialisasi penguatan dan pembekalan bagi para notaris baru untuk wilayah Jawa Barat (Jabar) di Kota Cirebon, Kamis (16/5). Foto: dok.Ditjen AHU

 

Adapun, sosialisasi yang diberikan kepada para notaris baru adalah terkait rambu-rambu regulasi yang harus dipatuhi. Misalnya, kata dia, memahami sektor-sektor mana yang harus dicermati oleh notaris.

“Misalnya kayak pertambangan, profesi misalnya wirausaha,” katanya.

Salah satu bentuk kehati-hatian yang ditekankan oleh Cahyo adalah tidak sembarangan memberikan password akses masuk ke akun AHU kepada staf atau karyawan. Hal ini menyangkut banyaknya laporan kejadian yang diterima Menkumham terkait hilangnya saham perusahaan secara tiba-tiba.

“Kami sering mendapati kasus semacam ini. Diharapkan ini diperhatikan oleh para notaris sehingga tidak terjadi lagi di kemudian hari,” ungkapnya.

Saat ini, ada sekitar 21.000 notaris yang tercatat di seluruh Indonesia. Cahyo berharap semua notaris dapat menjalankan tugasnya dengan penuh kehati-hatian dan tanggung jawab, demi menjaga profesionalitas dan integritas profesi mereka.(*)

Array
header-ads

Berita Lainnya