Caption: Sapi-sapi qurban yang tersedia di KTTS Padusan Kabupaten Cirebon. Foto: Tarjoni/Ciremaitoday

Dampak PMK, Penjualan Sapi Qurban di Cirebon Menurun Drastis

Ciremaitoday.com, Cirebon-Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha yang akan tiba, persiapan untuk kurban sudah mulai dilakukan oleh para peternak hewan qurban. Di berbagai daerah, misalnya di Kabupaten Cirebon, peternak telah mempersiapkan hewan qurban terbaik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin berqurban.

Namun bukannya senang, menjelang perayaan Idul Adha 2024 ini, para peternak hewan qurban berupa Sapi di daerah tersebut justru mengeluhkan terkait omzet yang menurun. Seperti yang dialami oleh Kelompok Tani Ternak sapi (KTTS) Padusan, Kabupaten Cirebon, yang mengalami penurunan omzet penjualan setiap tahunnya.

Ketua KTTS Padusan, Jari, mengatakan, penjualan sapi tahun ini menurun drastis akibat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau, dan kambing.

“Omzet penjualan tahun ini menurun, biasanya bisa mencapai 300 ekor setiap menjelang Idul Adha. Tahun ini total sapi yang terjual 124 ekor, dari stok sapi 130 ekor,” ungkapnya saat ditemui wartawan pada Jumat (7/6).

Menurutnya, penjualan sapi pada tahun 2023 lebih tinggi, dibandingkan dengan tahun sekarang yang mencapai 200 ekor.

“Tersisa 12 ekor yang belum terjual sampai momen Idul Adha berakhir,” ucapnya.

Ia menyebutkan harga sapi di KTTS Padusan bervariasi, mulai dari Rp 25 juta sampai Rp 86 juta per ekor tergantung bobot dan jenis sapi relatif standar dengan harga pasaran, sehingga dipastikan faktor penurunan penjualan ini tidak disebabkan karena harga.

“Semenjak munculnya PMK, orang-orang mungkin pada takut membeli sapi atau hewan qurban lainnya,” ucapnya.

Meskipun demikian, Jari memastikan bahwa sapi-sapi di KTTS Padusan dalam kondisi sehat. Mereka rutin diperiksa dan divaksinasi untuk mencegah PMK oleh petugas kesehatan hewan.

“Disini rutin dilakukan pemeriksaan, dan di suntik agar tidak terkena PMK,” pungkasnya.(Joni)

Array
header-ads

Berita Lainnya