Caption: Warga di Kabupaten Cirebon wilayah Kabupaten Cirebon Timur, sedang waspada saat banjir melanda. Foto: Tarjoni/Ciremaitoday 

Banjir Kiriman Melanda Tiga Kecamatan di Cirebon Timur

Ciremaitoday.com, Cirebon-Hujan yang menyebabkan banjir kembali membawa derita bagi masyarakat di Kabupaten Cirebon Timur (Cirtim). Tiga kecamatan, yaitu Pabuaran, Pasaleman, dan Ciledug, terendam banjir kiriman dari Kabupaten Kuningan pada Sabtu (24/5) dini hari.

Banjir yang datang tiba-tiba sekitar pukul 03.00 WIB mengejutkan warga Cirebon Timur yang sedang tidur lelap.

“Tiga kecamatan terdampak akibat banjir kiriman dari Kabupaten Kuningan. Ketinggian sempat mencapai satu meter,” ungkap Kepala BPBD Kabupaten Cirebon, Deni Nurcahya.

Menurut Deni, hasil asesmen BPBD Kabupaten Cirebon menunjukkan bahwa Kecamatan Pasaleman paling parah terdampak, khususnya di Desa Cilengkrang Induk dan Desa Cilengkrang.

Di Desa Cilengkrang Induk, sebanyak 850 rumah terendam air, mempengaruhi 1.272 kepala keluarga (KK) dan 3.607 jiwa. Sementara di Desa Cilengkrang, 887 rumah tergenang, berdampak pada 1.100 KK dan 3.356 jiwa.

Di Kecamatan Ciledug, tepatnya di Desa Ciledug Wetan, 324 rumah terendam, mempengaruhi 430 KK dan 1.289 jiwa.

Sementara di Kecamatan Pabuaran, khususnya di Desa Sukadana, meskipun dampaknya tidak sebesar di Ciledug, sekitar 51 rumah terendam, berdampak pada 59 KK dan 170 jiwa.

“Saat ini kami sudah mengirimkan fasilitas air bersih, makanan siap saji, dan alat kebersihan. Kami tetap waspada untuk mengantisipasi banjir kiriman susulan,” ujar Deni.

Warga berharap bantuan cepat datang dan pemerintah dapat menemukan solusi jangka panjang untuk mengatasi banjir yang menjadi masalah tahunan di Cirebon Timur.(*)

 
 
Array
header-ads

Berita Lainnya