Caption: Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Foto: Kementerian ATR/BPN

AHY Apresiasi Keberhasilan 10 Tahun Reforma Agraria

Ciremaitoday.com, Denpasar-Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) baru saja menggelar Reforma Agraria Summit 2024. Puncak acara yang diselenggarakan di The Meru Sanur, Bali, pada Sabtu (15/6), menyoroti capaian pelaksanaan Reforma Agraria selama 10 tahun terakhir.

Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyampaikan, Reforma Agraria sudah berjalan sesuai jalur, bahkan melampaui target yang ditetapkan. Atas hal itu, ia tak lupa memberikan apresiasi kepada para pejabat ATR/BPN sebelumnya.

“Atas keberhasilan pelaksanaan Reforma Agraria dalam satu dasawarsa terakhir, tentu tak lepas dari jasa para Menteri ATR/Kepala BPN dan Pejabat ATR/BPN sebelumnya. Untuk itu, atas kerja keras beliau-beliau, kami sampaikan penghargaan setinggi-tingginya,” ujar AHY dalam keterangannya pada Selasa (18/6).

Dalam satu dasawarsa perjalanan Reforma Agraria di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, terjadi penguatan kelembagaan dengan berubahnya BPN menjadi Kementerian ATR/BPN.

Dari sebelumnya hanya dipimpin oleh Kepala BPN, pada tahun 2014 mulai dipimpin oleh seorang Menteri ATR yang merangkap Kepala BPN.

Posisi Menteri ATR/Kepala BPN pertama kali diemban oleh Almarhum Ferry Mursyidan Baldan (2014-2016), diikuti oleh Sofyan Djalil (2016-2022) yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional Indonesia (2015-2016). Setelah itu, tongkat estafet berpindah ke Hadi Tjahjanto (2022-2024), yang sebelumnya adalah Panglima Tentara Nasional Indonesia periode 2017-2021.

AHY juga menyoroti capaian signifikan dalam Reforma Agraria, khususnya dalam hal penataan aset yang terdiri dari legalisasi aset dan redistribusi tanah.

“Hingga saat ini, Kementerian ATR/BPN berhasil melampaui beberapa target sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2014-2024,” pungkasnya.(Joni)

Array
header-ads

Berita Lainnya