Caption : Sejumlah aparat kepolisian Polres Cirebon Kota saat menjaga keamanan Biksu jalan kaki. Foto : Ist

32 Biksu Jalan Kaki Thailand – Candi Borobudur Tiba di Kota Cirebon

Ciremaitoday.com, Cirebon – 32 dari 54 Biksu atau Bhante Thudong yang sedang melakukan perjalanan berjalan kaki dari Thailand menuju Candi Borobudur, Jawa Tengah telah tiba di Cirebon, Jawa Barat. Mereka, sebelumnya telah beranjak dari Kabupaten Indramayu, Selasa 16 Mei dan sampai di Kabupaten Cirebon, pada Rabu 17 Mei 2023.

Perjalanan para Biksu dari beberapa Negara di Asia ini, dalam rangka memperingati Hari Raya Wisak 2567 BE / 2023 pada 4 Juni 2023 di Candi Borobudur.

Usai beristirahat di Mako Brimbob, Winong, Kabupaten Cirebon, Kamis 18 Mei 2023, atau hari ini, para biksu kembali melanjutkan perjalanan menuju rute berikutnya, yakni Kota Cirebon. Kedatangan mereka di Kota Cirebon disambut antusias oleh warga dan pemerintah setempat.

Tak sedikit, warga mengabadikan momen tersebut dengan memotret dan memvideokannya menggunakan ponsel. Bahkan, tak jarang juga warga memberikan air minum dan makanan.

Para Biksu ini mendapat pengamanan ketat dari aparat kepolisian setempat. Seperti halnya ketika berada di Kota Cirebon, mereka mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian Polres Cirebon Kota.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Ariek Indra Sentanu melalui Kasat Samapta, AKP Endoy Sahru Ramdan menyampaikan, Thudong merupakan kegiatan yang penting bagi komunitas Biksu dalam menjalankan perjanjian dan tapak tilas spiritual.

Oleh karena itu, pihaknya telah melakukan sejumlah upaya pengamanan, untuk memastikan kegiatan Biksu tersebut berjalan dengan aman dan tertib.

“Kehadiran Satuan Samapta Polres Cirebon Kota dan Polsek jajaran di lokasi kegiatan Thudong diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para Biksu,” ujar AKP Endoy, Kamis (18/05/2023).

Selain itu, pihaknya juga memberikan apresiasi atas kerjasama dan partisipasi semua pihak dalam menjamin kelancaran kegiatan Thudong ini. Diharapkan, lanjutnya, dengan adanya pengamanan yang ketat, para Biksu dapat menjalankan kegiatan spiritual mereka dengan khusyuk dan lancar.

“(Pengamanan) dilakukan oleh Satlantas, SatSamapta beserta Polsek Jajaran Polres Cirebon Kota. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama dari seluruh pihak,” pungkasnya. (*)

Array
header-ads

Berita Lainnya