Tampak suasana kunjungan wisatawan di Objek Wisata Waduk Darma Kuningan, Jabar, saat libur lebaran.

Waduk Darma Kuningan Dikelola Jaswita, Mampu Setor ke PAD Jabar Rp460 Juta

Ciremaitoday.com, Kuningan – Jumlah kunjungan wisatawan ke Waduk Darma Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, naik signifikan selama libur panjang lebaran. Totalnya menembus angka 27 ribu orang, dengan pemasukan mencapai Rp602 juta.
Ketua Koordinator Teknis Wisata Waduk Darma Kuningan, Umar Hidayat mengatakan, pemasukan objek wisata Waduk Darma sejak tanggal 20-30 April 2023 mencapai Rp602 juta. Jumlah ini bersumber dari penjualan tiket masuk ke objek wisata Waduk Darma.
“Jadi kami sudah setor ke PAD Jawa Barat melalui PT Jaswita selaku pengelola Waduk Darma sebesar Rp460 juta. Ini hanya dalam hitungan waktu 11 hari ya, sebab selama momen libur lebaran,” ucapnya, Selasa (2/5/2023).
Sedangkan sisa dari uang yang disetorkan ke Jaswita Jabar, lanjutnya, yakni akan dikelola oleh petugas teknis lapangan. Misalkan saja untuk membayar semua petugas hingga menunjang fasilitas di kawasan objek wisata.
“Sementara ini kami belum bicara soal keuntungan dengan Jaswita Jabar. Sebab dalam masa transisi ini, minimal kami bisa sedikit lebih maju dari pengelolaan di tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.
Sebagai petugas teknis di lapangan yang dipercaya Jaswita Jabar, Ia akan secara berkala setiap bulan melaporkan semua aktivitas pengelolaan objek wisata khususnya pendapatan dari hasil penjualan tiket masuk.
“Kalau total pengunjung selama libur lebaran ada sekitar 27 ribu orang. Alhamdulillah ini semua berkat dukungan tim di lapangan, termasuk teman-teman wartawan sebagai mitra bisnis kami,” ujarnya.
Dia menyebut, wisatawan yang berkunjung ke Waduk Darma bukan saja berasal dari Kuningan. Melainkan banyak pula dari luar daerah seperti wilayah Jateng.
“Harga tiket yang dikenakan per orang itu hanya Rp15 ribu, kalau anak-anak itu ada toleransi lah. Mungkin di sini paling murah untuk masuk objek wisata di Kuningan,” imbuhnya.
Dia menyebut, harga tiket masuk tidak ada perubahan pada hari biasa, akhir pekan maupun libur nasional. Adapun fasilitas ada perahu wisata, camping ground, dermaga apung maupun wahana permainan anak-anak.
“Secara keseluruhan ada 42 orang sebagai petugas teknis di lapangan dalam pengelolaan Waduk Darma, saya sendiri sebagai Ketua Koordinator Lapangan. Ini berdasarkan surat tugas dari PT Jaswita Jabar nomor 495/JSW/IV/2023 selaku BUMD Provinsi Jabar,” pungkasnya.(*)

Array
header-ads

Berita Lainnya