Caption: Bupati Cirebon, Imron, saat melakukan penanaman pohon di Desa Sarabau, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon bersama Anggota Kodim 0620. Foto: Joni

TNI dan Rakyat Manunggal Lewat Progam BSMSS, Bupati Cirebon: Kesatuan yang Kokoh

Ciremaitoday.com, Cirebon-Komando Distrik Militer (Kodim) 0620 Kabupaten Cirebon menggelar Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sarika (BSMSS) 2023 di Desa Sarabau, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon. Program yang bertemakan ‘Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Manunggal TNI dan Rakyat Semakin Kuat’ ini diperkirakan akan berlangsung selama sebulan.

Berbagai elemen khususnya masyarakat setempat turut dilibatkan dalam kegiatan itu. Tentunya dengan tujuan untuk merampungkan proyek fisik dan non fisik yang menjadi permasalah di desa tersebut.

Proyek tersebut di antaranya adalah pengerasan jalan usaha tani sepanjang 300 meter, penembokan jalur irigasi sepanjang 780 meter, pembuatan rangka beton usaha tani dan penataan pengelolaan sampah terpadu serta penanaman bibit pohon.

Kemudian selanjutnya adalah kegiatan pelayanan kesehatan, penyuluh pertanian dan pelayanan administrasi kependudukan serta lainnya.

Caption: Anggota Kodim 0620 Kabupaten Cirebon bersama warga Desa Sarabau saat melakukan pengerjaan proyek jalan usah tani. Foto: Joni

 

Dandim 0620/Kabupaten Cirebon, Letkol Inf Afriandy Bayu Laksono, diwakili Kapten Arm Karsim yang juga Danramil 0620-13/Sumber, menyampaikan, BSMSS merupakan momentum untuk memperkuat kembali sinergitas semua pihak.

Tidak hanya sekadar merealisasikan program, kata dia, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk menjalin kemanunggalan TNI dan rakyat dalam membantu kesulitan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Program berkesinambungan ini dilandaskan atas perintah Kodam III Siliwangi, Korem 063/Sunan Gunungjati, melalui Kodim 0620, sebagai pelaksana kegiatan. Ruang lingkup pelaksanaan di Desa Sarabau,” ujar Karsim saat mengisi sambutan dalam acara pembukaan BSMSS, Kamis (9/11).

“Yang dimulai sejak 30 Oktober sampai akhir November. Kami menggandeng semua pihak terutama Pemkab Cirebon yang mensupport penuh kegiatan ini,” sambungnya.

Caption: Bupati Cirebon, Imron, bersama unsur Forkopimda saat meninjau proyek jalan usaha tani yang direalisasikan dalam program BSMSS TNI Kodim 0620. Foto: Ist

 

Bupati Cirebon, Imron, mengapresiasi atas dilaksanakan progam BSMSS di salah satu wilayahnya. Kata Imron, hakekat kegiatan yang dilaksanakan tentunya untuk memotivasi dan menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam akselerasi permasalahan di level desa.

“Ini bukti kemanunggalan TNI dan Rakyat yang semakin solid. Sekaligus wahana ikatan batin kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam menciptakan kesatuan yang kokoh yang diharapkan,” katanya.

Menurut dia, penyelesaian permasalahan masyarakat bukan pekerjaan mudah. Sehingga dengan keterlibatan TNI dengan aksi program terpadu dan berkesinambungan sangat membatu pemerintah.

“Harapannya desa yang dapat program ini dapat kesiapan penuh dan dicapai serta direalisasikan dengan baik untuk tujuan yang multifungsi. Sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat setempat. Kami juga menginstruksikan semua elemen terkait agar hasil sasaran bisa dicapai maksimal,” ungkapnya.(*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *