Benarkah kita memang tidak boleh mandi saat sedang demam? (IDN Times)

Tidak Boleh Mandi Saat Demam, Benarkah Demikian?

Ciremaitoday.com, Indramayu – Tidak boleh mandi saat demam, apakah kepercayaan klasik ini memanglah benar adanya?

Ya sedari kecil, kita sangat sering mendengarkan kedua orang tua kita terutama, ibu kita memnberikan larangan tersebut.

Dan seringkali sebagai anak yang sayang dan patuh kepada sosok yang melahirkan kita tersebut, alhasil kita pun mengikuti larangan/perintah tersebut.

Tidak Boleh Mandi

Akan tetapi dengan seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, kita pun lantas mulai berpikir lagi. Spesifiknya, apakah perkataan/masehat dari orang tua kita tersebut memang benar adanya?

Atau dengan kata lain, apakah dari sisi ilmu dan kehalian kesehatan, hal tersebut memang valid adanya?

Memang Bukan Mitos

 

tidak boleh mandi saat demam
Ternyata bukan mitos! (detikHealth)

 

Ternyata hal tersebut memanglah benar adanya. Jadi menurut Dokter sekaligus Healthy Educator, dr. Tirta Mandira Hudhi, ketika kita sedang demam, hipotalamus kita terpengaruh.

Yang alhasil akan memberikan anggapan/sugesti terhadap tubuh kita bahwa suhu tubuh kita saat ini sedang dalam keadaan yang tidak normal.

“Karena gini, kita demam, kita kan suhu tubuhnya nggak normal nih, hipotalamus tuh nganggepnya suhu kita gak normal. Suhu tubuh kita tuh tinggi, sehingga dia tuh merespon suhu tubuh. Jadi karena ada infeksi gitu loh,” jelas dr. Tirta.

Ia menambahkan, “Kan (suhu) tubuh kita panas nih 38 derajat, tubuh tuh ngerespon bagaimana caranya kita tuh turun suhu tubuhnya,”

Solusi

Setelah menyimak penjelasan tersebut, lantas bagaimanakah sekarang solusinya jika kita ingin tetap segar dan tidak bau terlepas sedang mengalami demam?

“Boleh mandi tapi di lap-lap doang, atau kalau mau mandi pun, pakai air hangat agar tidak terjadi perubahan ekstrim antara tubuh mu dengan demam dan air,” jelas dr. Tirta.

Array
header-ads

Berita Lainnya