Caption: Kondisi bangunan Gapura Taman Pataraksa Kabupaten Cirebon yang ambruk. Foto: Joni

Sepakat, Rekanan dan Dinas Siap Bongkar Total Gapura Taman Pataraksa Cirebon yang Ambruk

Ciremaitoday.com, Cirebon-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon, bersama pihak rekanan dan konsultan pengawas sepakat untuk membongkar total Gapura Taman Pataraksa yang ambruk berikut juga yang masih berdiri. Sehingga kedua gapura tersebut akan kembali di bangun ulang.

Sebab menurutnya, sekarang sampai April 2024 masih dalam masa pemeliharaan, sehingga masih menjadi tanggung jawab rekanan.

“Tadi sudah ngobrol dengan pelaksana, pada prinsipnya dengan kejadian ini, karena ini masih dalam masa pemeliharaan saya minta di bongkar total,” ujar Kadis LH, Iwan Ridwan Hardiawan, Rabu (3/1).

Kemudian, terkait dugaan pengerjaan konstruksi asal-asalan, Iwan menaku akan meminta penjelasan pihak konsultan karena untuk sementara pihaknya mendapat informasi ada pergeseran bangunan.

“Kalau tadi dari konsultan pengawas ada penjelasan, ada pergeseran struktur dan lain-lain. Tapi saya ingin meminta lebih detail seperti apa penjelasannya, nanti dalam rapat,” katanya.

Katanya, untuk bangunan gapura tersebut di RAB senilai Rp 226 juta. Dan masa pemeliharaan sendiri, kata dia, hingga 27 April 2024. Rekanan pun sebelumnya selama 15 hari dikenakan denda karena melebihi batas waktu kontrak dalam pengerjaannya. Dendanya dilakukan permil atau sehari sebesar Rp 4 juta.(*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *