Seluruh Pengawas Pemilu Kecamatan sepakat untuk menciptakan proses penyelenggaraan pemilu berintegritas di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Semua Panwaslu Kecamatan Sepakat Ciptakan Pemilu Berintegritas di Kabupaten Cirebon

Ciremaitoday.com, Cirebon – Seluruh Pengawas Pemilu Kecamatan sepakat untuk menciptakan proses penyelenggaraan pemilu berintegritas di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Komitmen itu diwujudkan dalam sebuah pakta integritas yang ditanda tangani seluruh Panwaslu Kecamatan di salah satu hotel wilayah Cirebon, Senin (20/3/2023).

Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon, Abdul Khoir mengatakan, penandatanganan pakta integritas adalah salah satu upaya Bawaslu untuk memastikan, komisioner Panwascam dan juga Korsek mampu menciptakan penyelenggaraan pemilu yang berintegritas.

“Penyelenggara pemilu yang berintegritas adalah orang yang memiliki kejujuran, transparan, akuntabel, cermat dan akurat dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya,” katanya.

Menurutnya, integritas penyelenggara menjadi sangat penting, karena menjadi salah satu tolak ukur terciptanya pemilu demokratis. Pasalnya pakta integritas adalah pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang, dan peran.

“Saat ini tahapan pemilu sudah mulai cukup padat, untuk itu demi menjaga integritas dari penyelenggara pemilu dirasa perlu untuk dilakukan penandatanganan. Ini karena tujuannya adalah untuk menjaga integritas panwaslu,” ujar Khoir.

Panwascam menurutnya, merupakan salah satu penyelenggara pemilu yang langsung di bawah Bawaslu Kabupaten Cirebon. Untuk itu, Panwascam juga memiliki beberapa kewajiban untuk menjaga tugas dengan baik.

Adapun tugas Panwascam salah satunya adalah mengidentifikasi dan memetakan potensi pelanggaran pemilu di wilayah kecamatan. Selain itu, Panwascam memiliki tugas untuk melakukan kordinasi, supervisi, membimbing, memantau, dan mengevaluasi penyelenggaraan pemilu di wilayah kecamatan.

“Dengan penandatanganan pakta integritas ini, diharapkan jajaran Panwascam dan juga Korsek sebagai penyelenggara pemilu khususnya Panwascam bisa lebih memiliki integritas yang baik,” terangnya.

Hingga pada akhirnya, tambah Khoir, nantinya mereka dapat bekerja dengan baik, demi kesuksesan pelaksanaan pemilu di Kabupaten Cirebon.(Joni)

Array
header-ads

Berita Lainnya