Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman saat memantau arus balik kendaraan di Pos Pam Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Sejumlah Rekayasa Lalu Lintas Disiapkan Demi Urai Kepadatan Arus Balik di Cirebon

Ciremaitoday.com, Cirebon – Sejumlah rekayasa lalu lintas telah disiapkan untuk kelancaran arus kendaraan di masa arus balik Lebaran 2023. Bahkan, upaya tersebut tidak hanya disiapkan untuk arus kendaraan yang melintasi jalur arteri Pantura di wilayah Kabupaten Cirebon dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta, tetapi juga untuk arah sebaliknya.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman menyampaikan, dari hasil pemantauan di lapangan saat ini arus kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta di jalur arteri Pantura wilayah Kabupaten Cirebon masih cukup ramai dan didominasi sepeda motor serta minibus atau kendaraan pribadi.

Menurutnya, di lajur kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah juga cukup ramai yang didominasi oleh angkutan barang seperti truk hingga angkutan penumpang yaitu bus. Sehingga pihaknya menyiapkan berbagai upaya untuk mengantisipasi kepadatan arus kendaraan di kedua lajur tersebut.

“Beberapa skenario sudah disiapkan diantaranya pengalihan arus lalu lintas dari Lohbener, Kabupaten Indramayu, yang berkoordinasi dengan Polres Indramayu. Termasuk di Pospam Arjawinangun itu sebagian kendaraan diarahkan ke kanan hingga menembus RS Sumber Waras Ciwaringin,” ujar Kombes Pol Arif Budiman, Kamis (27/4/2023).

Selain itu, rekayasa juga diterapkan di perempatan lampu merah Weru yang mengarah ke Kota Cirebon. Arus kendaraan tersebut dialihkan ke arah Sumber kemudian menuju Talun dan langsung menembus ke Harjamukti, Kota Cirebon, dan kembali ke jalur arteri Pantura.

Ia menyebut, upaya-upaya tersebut dilakukan untuk memecah kepadatan arus kendaraan. Sehingga arus kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta maupun sebaliknya di jalur arteri Pantura wilayah hukum Polresta Cirebon berjalan lancar dan roda perekonomian masyarakat juga tetap berputar.

“Saat ini, arus kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta didominasi sepeda motor dan arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah didominasi angkuta barang serta penumpang,” jelasnya.

“Namun, secara umum arus kendaraan di jalur arteri Pantura Cirebon relatif agak menurun dibanding sebelummya meski relatif ramai,” imbuhnya.(Joni)

Array
header-ads

Berita Lainnya