Petugas Polsek Banjarwangi saat melakukan cek TKP sebuah truk terperosok di jalur Banjarwangi-Singajaya. (Foto: Ist)

Sebuah Truk Terperosok di Jalur Banjarwangi-Singajaya Garut, Polisi Terapkan Sistem Buka Tutup Jalan

Ciremaitoday.com, Garut – Sebuah truk jenis Hino berwarna hijau dengan nomor polisi Z 8562 DU terperosok di jalur Banjarwangi- Singajaya, Kabupaten Garut, Sabtu (3/2/2024) siang.

Truk bermuatan asbes itu alami kecelakaan lalu lintas (lakalantas) tunggal di Kampung Ciawitali, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut.

Adanya kejadian tersebut pihak kepolisian setempat langsung melakukan cek tempat kejadian perkara (TKP).

Kapolsek Banjarwangi Iptu Amirudin Latif menerangkan, kronologi kejadian tersebut bermula saat mobil truk melaju dari arah Cikajang menuju arah Banjarwangi dan berpapasan dengan mobil lain. 

“Dari keterangan supir truk bahwa ada mobil Gran max berpapasan tidak mau mengalah yang mengakibatkan mobil truk ke pinggir jalan, sehingga membuat bahu jalan amblas dan membuat kendaraan terguling,” ungkap Amir.

Dikatakan Amir, arus lalu lintas di jalur Banjarwangi-Singajaya sementara waktu tersendat dikarenakan setengah badan mobil truk menghalangi ruas jalan. Sehingga pihaknya melakukan sistem buka tutup jalan guna kelancaran arus lalu lintas kendaraan.

“Kondisi truk nyungsep dan miring di sisi kanan jalan, setengah badan mobil pun menutup badan jalan, yang mengakibatkan arus lalu lintas di jalur Banjarwangi-Singajaya sementara waktu tersendat. Sehingga kami menerapkan sistem buka tutup,” ujarnya.

Amir menyebut tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kerugian pun masih dalam proses penghitungan. 

Ia mengimbau untuk kendaraan besar agar tidak melintas ke jalur Banjarwangi dikarenakan medan jalan yang sempit dan terjal.

“Kendaraan besar diimbau agar tidak melintas ke jalur Banjarwangi dikarenakan medan jalannya sempit dan juga terjal. Selain itu, kontur tanahnya pun labil dan rawan terjadi longsor,” tandasnya.

Ia mengatakan proses evakuasi truk yang terperosok di jalur Banjarwangi-Singajaya masih dilakukan oleh pihaknya dibantu warga masyarakat sekitar. (*) 

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *