Scream 5 & Halloween 2018 (Next Best Picture)

Requel VS Legacy Sequel: Manakah Istilah yang Tepat?

Ciremaitoday.com, IndramayuRequel atau Re-quel, merupakan salah satu istilah (term) top di dalam industri perfilman Hollywood dalam beberapa tahun belakangan.

Istilah ini sebenarnya sebuah singkatan. Spesifiknya, Requel adalah singkatan dari Remake dan Sequel atau ya bisa juga Reboot dan Sequel.

Pengertian Requel

 

Istilah ini mengacu pada film-film yang dirilis dalam beberapa tahun belakangan yang mana, filmnya adalah sebuah sekuel atau seri ketiga, keempat, dst, namun di saat yang sama filmnya juga menampilkan karakter-karakter lama nan klasik dari seri atau franchise filmnya.

Nah tujuannya adalah untuk “oper obor” (passing the torch) ke aktor/aktris yang memerankan karakter-karakter barunya di seri atau franchise filmnya.

Salah satu contoh film rekuel yang mana di salah satu filmnya, salah satu karakternya jelas-jelas menjelaskan seluruh makna Requel ini adalah di franchise film slasher horror, Scream.

Lebih spesifiknya lagi adalah ketika di film ke-5, Scream (2022), karakter Mindy-Meeks Martin (Jasmin Savoy Brown) menjelaskan secara meta semua-muanya.

Legacy Sequel

 

Namun ketika hampir dari kita semua sudah sepakat dengan istilah tersebut, beberapa jam lalu, ScreenRant mengunggah artikel pembahasan terkait 8 referensi film horor yang mana franchise film Scream salah total dalam mereferensikannya.

Nah salah satu poin referensi yang dianggap sangat keliru tersebut adalah terkait sosok karakter Mindy-Meeks yang menjelaskan Rekuel di film Scream tersebut.

Menurut ScreenRant, istilah Rekuel sangat jarang atau bahkan tidak pernah digunakan di dunia nyata. Yang lebih sering digunakan/diucapkan banyak orang atau moviegoers, adalah justru Legacy Sequel.

Jadi Mana yang Benar Nih?

Melihat kekontradisian yang ada tersebut, tak ayal kita kini merasa bingung sendiri. Jadi mana yang benar? Rekuel atau Legacy Sequel?

Kalau menurut kami, dikarenakan kedua istilah ini memiliki definisi makna yang sama, maka hal ini diserahkan kembali ke masing-masing dari kita. Apabila kita lebih nyamannya menggunkan istilah Rekuel, maka Rekuel-lah yang bisa kita gunakan.

Sebaliknya jika lebih nyamanya menggunakan Legacy Sequel, maka gunakan saja istilah tersebut.

Oke itulah tadi penjelasan singkatnya. Semoga pembahasannya bermanfaat, dan film rekuel/legacy sequel manakah yang anda favoritkan sejauh ini?

Array
header-ads

Berita Lainnya