Caption: Pelatihan Program Unggulan Perempuan Berdikari (Pe-Ri) di Kabupaten Indramayu. Foto: dok.Diskominfo Indramayu

Program Unggulan Pe-Ri Indramayu Sukses Ubah 2.070 Purna PMI Menjadi Wirausahawan Mandiri

 

Ciremaitoday.com, Indramayu-Program Unggulan Perempuan Berdikari (Pe-Ri) di Kabupaten Indramayu di bawah kepemimpinan Bupati Nina Agustina telah mencapai prestasi gemilang. Sebanyak 2.070 perempuan purna Pekerja Migran Indonesia (PMI) berhasil diubah menjadi wirausahawan mandiri melalui pelatihan kewirausahaan, pendampingan, dan fasilitasi akses permodalan.

“Program Pe-Ri ini bermuara pada peningkatan dan kemandirian ekonomi masyarakat Indramayu,” ujar Nina, Selasa (26/3).

Kata dia, dengan adanya program ini, diharapkan para PMI yang telah kembali ke tanah kelahirannya dapat mengembangkan potensi mereka dan tidak kembali bekerja di luar negeri.

Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indramayu, Nonon Citra Wulandari, menjelaskan bahwa program ini juga memberikan pelatihan dalam berbagai bidang seperti pembuatan kue kering, olahan minuman, olahan ikan, pembuatan sandal, menjahit, dan kerajinan tangan lainnya. Jenis pelatihan akan disesuaikan dengan minat para peserta Pe-Ri.

“Dengan semangat dan keterampilan yang telah mereka miliki melalui program Pe-Ri, para purna PMI di Kabupaten Indramayu kini memiliki harapan untuk masa depan yang lebih baik dalam dunia usaha dan bisnis,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu peserta program, Dewi dari Desa Sindang, Kecamatan Sindang, mengungkapkan kegembiraannya. Ia mengaku antusias dan bersemangat untuk menjalankan usaha berkat ilmu pelatihan yang didapat dari program tersebut.

“Kami sekarang semangat berusaha berkat pelatihan, apalagi rencana pengembangan kedepannya cukup menjanjikan bagi kami para purna PMI di Kabupaten Indramayu. Terima kasih Ibu Bupati Nina Agustina atas programnya,” ujarnya.

Program Pe-Ri tidak hanya memberikan pelatihan kewirausahaan, tetapi juga materi tentang pemasaran produk, pengemasan, administrasi keuangan, serta proses izin usaha. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para purna PMI dalam mengelola usaha mereka dengan baik dan berkelanjutan.(*)

Array
header-ads

Berita Lainnya