Pj Bupati Kuningan, Dr H Raden Iip Hidajat saat menikmati aroma kopi lokal Kuningan.

Pj Bupati Dorong Pengembangan Kopi Lokal Kuningan Diekspor ke Luar Negeri

Ciremaitoday.com, Kuningan – Muscab Asosiasi Petani Kopi Indonesia (Apeki) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, resmi diadakan di aula Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Diskatan) Kuningan, Selasa (12/12). Muscab sendiri langsung dihadiri Pj Bupati Kuningan Dr H Raden Iip Hidajat MPd dan Kepala Diskatan Kuningan Dr Wahyu Hidayah.
Termasuk perwakilan Apeki Jabar, Ketua Apeki Kuningan Uun Sunar’un, dan Pengurus HKTI Kuningan. Bahkan beberapa varian kopi hasil para petani asli Kuningan turut dipajang di lokasi kegiatan.
Pj Bupati Raden Iip menyempatkan diri berkeliling menikmati aroma kopi yang disuguhkan. Tak lupa untuk mencicipi kopi yang telah diolah dan dihidangkan.
Kepala Diskatan Kuningan, Wahyu Hidayah menyampaikan, bahwa perkembangan kopi di Kuningan sangat begitu berkembang, Di mana di Kuningan sendiri, terdapat berbagai jenis kopi.
“Beberapa di antaranya yakni kopi robusta, kopi arabika yang tersebar di 9 kecamatan dan kopi liberika,” sebutnya.
Sementara Pj Bupati Raden Iip sangat berharap, agar dunia usaha olahan kopi maupun perkebunan kopi di Kuningan bisa maju dan Go Internasional.
“Maka untuk mencapai hal tersebut, kita harus memperkuat sektor internalnya terlebih dahulu. Yaitu wadah organisasi yang menaungi perkopian melalui Apeki,” ucapnya.
Sehingga nantinya, lanjut Pj Bupati, agar ke depan nasib kopi lokal Kuningan dapat mendunia. Sekaligus juga didukung oleh pemerintah daerah dan stake holder lainnya.
“Saya melihat hasil kopi Kuningan mempunyai potensi yang harus diperjuangkan hingga ke tingkat Internasional. Hal terkecil yang harus diperhatikan agar kopi Kuningan bisa Go Internasional, yaitu bagaimana masyarakat Kuningan terdahulu harus konsisten dan mendukung kopi lokal Kuningan, sebagai sektor yang memperkuat produk kita sendiri,” pungkasnya.(*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *