Pertamina Patra Niaga IT Balongan Simulasi Penanganan Darurat di Obyek Vital Nasional

 

INDRAMAYU, ciremaitoday.com – PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal (IT) Balongan melakukan simulasi penanggulangan keadaan darurat (PKD) dalam rangka pengamanan aset nasional di lingkungan integrated terminal Balongan Indramayu pada Selasa (24/10/2023).

Simulasi PKD ini sebagai upaya peningkatan kesigapan tim penanganan keadaan darurat  di area integrated terminal Balongan Indramayu.

Dalam simulasi ini, kondisi darurat diskenariokan terjadi kebakaran pada salah satu tangki serta ancaman bom di lokasi kejadian.

Akibat dari ledakan, di skenariokan terdapat enam korban luka.

Sementara itu, dampak dari kebakaran, warga mengalami trauma dan mendapatkan pertolongan medis dari RS Pertamina Balongan.

Akibat kebakaran di area tangki, tim pemadam melakukan aksi pemadaman menggunakan mobil pemadam dan alat pemadam lainnya. Setelah upaya maksimal penanggulangan kebakaran dilakukan, api kemudian berhasil dipadamkan tanpa adanya korban jiwa.

Manager IT Balongan, Rahdian Mahardika mengatakan PKD ini bertujuan melatih personil setiap fungsi terhadap tugas dan tanggungjawab dalam menanggulangi keadaan darurat di IT Balongan, sekaligus melatih kesigapan tim pemadam.

Dalam simulasi ini melibatkan 400 personil baik dari internal maupun eksternal seperti dari TNI dan Polri.

“PKD  ini juga menjadi bagian edukasi kepada masyarakat dan stakeholder sekitar tentang  pengenalan bunyi sirine sebagai tanda keadaan darurat serta menjadi salah satu upaya sosialisasi atau pelatihan proses evakuasi warga,” kata dia.

Dalam simulasi ini juga dilakukan evaluasi mengenai pola penanganan keadaan darurat yang efektif dan situasional. (Tomi indra)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *