Caption: PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan saat kembali menggelar peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Foto: Dokumen KPI Balongan

Peringati Bulan K3, Pertamina Balongan Indramayu Ingatkan Pentingnya Aspek HSSE 

Ciremaitoday.com, Indramayu-PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan kembali menggelar peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Senin (13/2).

Bulan K3 biasanya diperingati setiap tanggal 12 Januari-12 Februari ini, di RU VI ini baru dilaksanakan pada awal Februari mengingat bertepatan dengan agenda perawatan Kilang Balongan yang saat ini sudah hampir selesai dilaksanakan.

Peringatan Bulan K3 di RU VI, ditandai dengan Penyerahan bendera patakan K3 oleh General Manager PT KPI RU VI Balongan Sugeng firmanto kepada ketua peringatan Bulan K3 RU VI Indra Cahyadi Kurniawan, yang dilanjutkan oleh penekanan sirine bersama Manajemen dan Perwakilan Ketua Umum Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Balongan (SP-PBB), di Rooftop Adm Building RU VI.

Pada kesempatan tersebut, GM RU VI Sugeng Firmanto kembali mengingatkan bahwa seluruh pekerja yang bekerja di Pertamina RU VI merupakan aset yang sangat berharga, sehingga seluruh aktivitas yang dilakukan harus selalu dipastikan aspek keamanannya sehingga terhindar dari kecelakaan kerja.

“Bulan K3 ini adalah momen untuk kembali me-refresh pemahaman terkait aspek HSSE (health, safety, security, and environment)” ujarnya.

Dikatakan Sugeng, Kilang Balongan yang bertugas memenuhi kebutuhan BBM Nasional ini sudah seharusnya ditunjang dengan operasional kilang yang handal dengan system HSSE yang excellent.

“Jadikan moment bulan K3 ini untuk mencapai target perusahaan yang selaras dengan moto PT KPI yakni safety, profit,” katanya.

Sugeng juga menyampaikan agar aspek HSSE ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pekerja dari fungsi HSSE saja, namun juga seluruh pekerja baika mitra kerja dan kontraktor agar dapat mematuhi aspek safety selama bekerja di lingkungan Kilang Pertamina Balongan.

Sementara itu, Ketua Panitia Bulan K3 RU VI Indra Cahyadi Kurniawan menyampaikan, selama pelaksanaan Peringatan Bulan K3 di tahun ini, terdapat beberapa kegiatan yang dilaksanakan mulai 7 Februari-8 Maret 2024 di RU VI Balongan, di antaranya Safety Campaign, Camp Relawan, Seminar kesehatan, lomba poster dan video K3, jalan santai, dan sebagainya.

“Semoga peringatan Bulan K3 ini bisa terlaksana dengan lancar dan membangun jiwa pekerja yang sadar akan pentingnya aspek HSSE,” ucapnya.

Lebih lanjut, Nana Kanan yang hadir selaku Ketua DPO SPPBB mewakili Ketum SPPBB menyampaikan bahwa SPPBB siap bersinergi mendukung kehandalan operasional dan tercapainya HSSE Excellent.

Atas hal itu, ia pun mengucapkan terima kasih kepada pekerja yang telah bahu membahu melaksanakan TA zero fatality sesuai target dari perusahaan.(*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *