Foto bersama pengurus baru PWI Kabupaten Cirebon dengan Forkompimda. Foto : Joni

Pengurus PWI Kabupaten Cirebon Resmi Dilantik, Ketua PWI Jabar Tekankan Media Harus Peduli Lingkungan

Ciremaitoday.com, Cirebon-Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Cirebon masa bakti 2023-2026, resmi dilantik di Pendopo Bupati Cirebon, Rabu (5/7/2023). Mereka dilantik langsung oleh Ketua PWI Jawa Barat (Jabar), Hilman Hidayat.

Pelantikan ini dihadiri Bupati Cirebon, H Imron, Wakil Bupati Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih, Ketua DPRD, H Moh. Luthfi, Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, serta unsur Forkopimda lain, dan para tamu undangan.

Dalam sambutannya, Hilman menyampaikan keprihatinannya terhadap media yang dalam pemberitaannya hanya mengejar isu-isu yang tengah viral saja. Namun, untuk ke arah memberikan kontribusi pembangunan daerah dalam pemberitaan dinilai kurang peduli.

“Media-media di sini sudah tidak peduli lagi dengan pembangunan daerah. Tapi dia mengejar isu-isu apa yang lagi ramai,” kata Hilman.

Termasuk juga, kata dia, media di daerah, sekarang ini sudah tidak lagi peduli dengan kondisi lingkungan sekitarnya. “Padahal saya menekankan tentang teori, bahwa media di daerah itu harus terlibat dengan bupati dan wakil bupati dalam pembangunan di daerah,” ujar Hilman.

Ia menilai, ada persoalan yang paling penting di lingkungan sekitar dan perlu diangkat serta diperjuangkan media dalam pemberitaan.

“Kita punya masalah soal kemiskinan, kita punya soal kebodohan, dan ketidakadilan,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Cirebon, H Imron berharap, Pengurus PWI Kabupaten Cirebon yang baru dilantik bisa langsung bekerja dan bekerja sama dengan pemerintah daerah (Pemda). Pihaknya pun sangat terbuka untuk bekerja sama dengan insan pers dalam membangun daerah.

“Karena sebagai bupati, saya bisa mengetahui tentang kesuksesan karya ataupun program Kabupaten Cirebon ini dari rekan-rekan wartawan,” katanya.

Ia juga mengaku, selama ini kedekatan dirinya dengan para jurnalis telah terjalin dengan baik. Media-media di daerahnya juga, lanjut Imron, selalu berimbang dalam pemberitaan dan telah berkontribusi untuk pembangunan daerah.

Ketua PWI Kabupaten Cirebon, Mamat Rahmat menyampaikan terima kasih, kepada semua unsur yang telah mensupport pelaksanaan kegiatan tersebut. Sehingga bisa berjalan sukses sesuai dengan yang diharapkan.

Pihaknya juga siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah, demi kemajuan pembangunan Kabupaten Cirebon. Di samping itu, ada beberapa agenda besar yang bakal digelar pihaknya.

“Di pertengahan bulan ini kita menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan UKW yang insya Allah bakal dihadiri Gubernur Jabar. Setelah itu kita juga ada agenda peningkatan status bagi para anggota PWI Kabupaten Cirebon,” katanya.(*)

Array
header-ads

Berita Lainnya