Caption: Pj Bupati Majalengka, Dedi Supandi, bersama sejumlah pejabat terkemuka daerah saat meninjau lokasi banjir di Kecamatan Kertajati, Senin (12/2). Foto: Ist

Pemkab Majalengka Gerak Cepat, Tangani Korban Banjir di Kecamatan Kertajati

Ciremaitoday.com, Majalengka-Banjir hebat menghantam tiga desa di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, setelah hujan deras mengguyur pada Minggu (11/2) malam.

Desa Pakubeureum, Desa Kertawinangun, dan Desa Palasah menjadi korban utama, dengan ratusan rumah dan lebih dari 200 hektar lahan sawah terendam banjir.

Banjir ini, akibat dari jebolnya tanggul sungai Cipelang. Arus lalu lintas menuju exit tol Kertajati pun lumpuh total karena ketinggian air mencapai 80 cm di jalur tersebut.

Pj Bupati Majalengka, Dedi Supandi, tidak tinggal diam. Bersama sejumlah pejabat terkemuka daerah, termasuk Sekda H. Eman Suherman, Dandim 0617 Majalengka Letkol Inf. Dudy Pilianto, dan Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto, serta para kepala dinas dan camat setempat, mereka turun langsung meninjau keadaan banjir pada Senin (12/2).

“Dalam upaya penanganan darurat, hari ini kami berkoordinasi dengan BWWS Cimanuk Cisanggarung untuk segera memperbaiki kerusakan menggunakan kawat bronjong. Ini menjadi langkah mendesak untuk menutup titik-titik yang jebol,” ujar Dedi.

Langkah tanggap darurat juga melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mendirikan tenda darurat dan dapur umum guna memberikan kenyamanan kepada sekitar 3.500 korban banjir. Bantuan sembako dan fasilitas lainnya telah disiapkan oleh Dinas Sosial.

“Tak hanya itu, kami juga meminta Dinas Pertanian untuk mengidentifikasi secara detail lahan yang terdampak banjir, yang mencapai sekitar 200 hektar sawah. Jika banjir belum surut dalam 2-3 hari ke depan, akan membahayakan hasil panen. Kami sudah menyiapkan bantuan benih untuk proses penanaman kembali,” tambah Dedi.

Total rumah yang terendam banjir diperkirakan mencapai 1.300 unit, dengan sekitar 3.500 warga atau 1.300 kepala keluarga yang terdampak.

Pemerintah Kabupaten Majalengka berkomitmen untuk terus memberikan dukungan dan bantuan kepada para korban banjir, menjadikan penanganan darurat ini sebagai prioritas utama dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan warga. (*)

Array
header-ads

Berita Lainnya