Penampakan gunungan sampah Pantai Cerita pasca liburan Lebaran 2024 (iNews.id)

Pantai Carita Menumpuk Sampahnya, Wisatawan Lebaran Mengeluh

Ciremaitoday.com, Carita PandeglangPantai Carita tak memungkiri menjadi salah satu destinasi berlibur favorit di musim liburan Lebaran 2024 lalu.

Namun sayangnya kegembiraan seluruh wisatawan dalam melakukan liburannya kemarin ini menjadi sedikit terganggu.

Pantai Carita Menumpuk Sampahnya

 

Pantai Carita
Seluruh penampakan tumpukan sampah yang tersebar di sekitar Pantai Carita (iNews Cilegon)

 

Hal ini dikarenakan menumpuknya sampah di sejumlah lokasinya yang mana tentunya, hal ini menimbulkan bau yang sangat menyengat.

Berdasarkan pantauan, tumpukan sampah tidak hanya terlihat menggunung di sejumlah lokasi wisata, namun juga di beberapa aliran sungai dan jembatan. Gunungan sampah tersebut didominasi oleh sampah kemasan mie instant cup dan kemasan minuman botol plastik.

Tumpukan Sampah yang Dianggap Sangat Mengganggu

Aal, salah satu pengunjung, mengatakan, keberadaan tumpukan sampah yang menggunung hingga hampir setinggi atap bangunan itu dinilai cukup mengganggu kenyamanan para pengunjung yang tengah berlibur di Pantai.

“Terganggu lah, bau banget! Mana dibuangnya di area lokasi wisata. Bukan itu aja, tadi di sepanjang jalan mau ke sini juga banyak tumpukan sampah yang dibuang di pinggiran sungai kalau dibiarkan lama-lama tumpukan sampah itu jatuh ke aliran sungai di bawahnya, dan kebawa ke laut,”terang Aal. Rabu (17/4/2024).

Menghambat Rezeki

Sementara itu, Marinah, pemilik warung nasi mengaku, bahwa kondisi menumpuknya sampah sudah lama terjadi. Bau menyengat akibat sampah itu cukup berdampak pada penjualan warung nasi miliknya.

“Itu sampah dari lokasi wisata ini, ada yang udah lama ada yang baru juga. Ya sampah pedagang, ya sampah pengunjung pada dibuang di sini semua.

Warung saya deket banget posisinya, saya khawatir yang mau pada makan di tempat saya jadi keganggu, dikira bau nya dari tempat saya. Padahal mah dari tumpukan sampah itu,” jelasnya.

Tanggapan Terhadap Kasusnya

Menyikapi hal ini, Kepala Desa Sukajadi, Sandy Wiyasa menuturkan, bahwa pengelolaan sampah di setiap lokasi wisata selama ini menjadi tanggung jawab masing-masing pengelola.

“Sepengetahuan kami, mereka (pengelola) punya armada dan TPA sampah sendiri. Kalau sekarang dikeluhkan menumpuknya sampah, harus ditanyakan ke Pengelola.

Karena itu menjadi tanggung jawab mereka. Masa ngeruk duitnya mau buang sampahnya gak mau? Tanggung jawab lah,” ujarnya.

Buanglah Sampah Pada Tempatnya

Sandy menghimbau, kepada seluruh pengelola lokasi wisata di Kecamatan Carita, khususnya yang berada di bawah pemerintahan Desa Sukajadi, agar membuang sampah pada tempatnya sehingga tercipta kenyamanan dan keindahan di lokasi wisata Pantai Carita.

“Dimohon kepada para pengelola wisata agar segera melakukan bersih-bersih sampah di tempatnya masing.

Karena Carita ini kan daerah wisata, jadi harus nyaman dan indah dipandang mata agar pengunjung juga jadi betah untuk kembali lagi berlibur di Carita,” pungkasnya.

Array
header-ads

Berita Lainnya