Caption: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon secara resmi meluncurkan pemilihan Bupati (Pilbup) dan Wakil Bupati Cirebon 2024 pada Rabu (5/6) malam. Foto: Tarjoni/Ciremaitoday

Maskot Cima-Cimi Jadi Tanda Semangat Demokrasi untuk Pilbup Cirebon 2024

Ciremaitoday.com, Cirebon-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon secara resmi meluncurkan pemilihan Bupati (Pilbup) dan Wakil Bupati Cirebon 2024 pada Rabu (5/6) malam. Acara yang berlangsung di Stadion Ranggajati, Sumber, ini menandai langkah penting dalam persiapan Pilkada 2024.

Puncak acara ini adalah perkenalan maskot resmi Pilkada 2024 yang dinamai “Cima dan Cimi”. Maskot tersebut dirancang dengan desain menarik dan sarat makna, menggambarkan semangat demokrasi serta partisipasi aktif masyarakat dalam memilih pemimpin daerah.

Selain maskot, KPU juga memperkenalkan jingle Pilkada Cirebon berjudul “Katon Bebarengan”. Jingle ini diharapkan dapat menyemarakkan suasana pemilihan dan menggugah semangat warga untuk berpartisipasi.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Esya Karnia Puspawati, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa semua tahapan persiapan Pilkada telah dilalui dengan penuh semangat dan dedikasi. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam Pilkada 2024.

“Malam ini menandai akhir dari rangkaian persiapan yang telah kami lakukan. Kami mengajak seluruh masyarakat Cirebon untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada 2024,” ujarnya.

Esya juga menjelaskan bahwa “Cima dan Cimi” adalah akronim dari “Cirebon Memanggil” dan “Cirebon Memilih,” yang mengajak warga Cirebon untuk berpartisipasi dalam pemilihan.

“Terdapat 14 karya maskot dan 13 jingle yang kami terima, dan akhirnya kami memilih Cima dan Cimi serta jingle Katon Bebarengan sebagai simbol resmi Pilkada 2024,” ucapnya.

Ia berharap maskot dan jingle tersebut dapat menginspirasi masyarakat untuk menggunakan hak pilih mereka dengan bijak dan bertanggung jawab.

“Dalam maskot dan jingle ini terkandung pesan-pesan positif tentang pentingnya partisipasi dalam demokrasi,” ungkap Esya.

Lebih lanjut, Esya menyampaikan bahwa KPU telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut Pilkada 2024, termasuk pembentukan badan adhoc yang terdiri dari 1.472 anggota, di mana 1.272 di antaranya adalah Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan 200 lainnya adalah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Selain itu, KPU juga telah menerima Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dan melakukan pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Untuk pemetaan TPS, akan ada pengurangan jumlah dibandingkan dengan pemilu sebelumnya. Sesuai arahan KPU RI, maksimal per TPS akan melayani 600 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan tidak kurang dari 450 DPT,” katanya.

Pengurangan ini akan disesuaikan dengan kondisi geografis dan jumlah penduduk di setiap desa.

Acara peluncuran ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi seluruh elemen masyarakat Cirebon untuk menyambut Pilkada 2024 dengan semangat baru dan komitmen bersama dalam mensukseskan pemilu yang jujur, adil, dan transparan.

Suksesnya pemilu ini sangat bergantung pada kerja sama semua pihak, mulai dari penyelenggara, pemerintah, aparat keamanan, hingga masyarakat umum.(Joni)

Array
header-ads

Berita Lainnya