Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementrian Agama, Hilman Latief saat memberikan keterangan pers.

Lolos Cek Kelayakan Arab Saudi, BIJB Kertajati Siap Berangkatkan Jemaah Haji

Ciremaitoday.com, Cirebon – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementrian Agama, Hilman Latief, menyampaikan, Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka akan segera di fungsikan untuk keberangkatan jemaah Haji pada tahun ini.

“Alhamdulillah beberapa minggu kemarin sudah ada kunjungan dari Gakka General Authority Otoritas Bandara Penerbangan Saudi, untuk mengetahui pengecekan kelayakan Kertajati. Alhamdulillah, saat ini hasilnya positif,” ujar Hilman Latief, saat berkunjung ke Kabupaten Cirebon, kemarin (26/2/2023).

Menurutnya, hasil positif tersebut menjadi kemungkinan besar Bandara Kertajati untuk memberangkatkan jemaah haji. “Jadi sangat memungkinkan untuk diterbangkan dari Majalengka Bandara Kertajati, untuk pemberangkatan sebagian jemaah dari Jawa Barat,” katanya.

Sementara ini, Bandara Kertajati sedang disimulasikan untuk keberangkatan jemaah dari wilayah sekitar bandara mulai dari Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan. Saat ini, pihaknya masih belum merilis keberangkatan dari luar Jawa Barat.

“Sedang disimulasi dulu untuk kabupaten terdekat Ciayumajakuning. Apakah nanti untuk Jawa Tengah yang terdekat bisa nempel di situ, finalnya belum kita rilis,” ucapnya.

Ia menambahkan, Pemprov Jabar saat ini sedang mengejar target pembangunan infrastruktur jalan dan lainnya. Hal itu dilakukan guna mendukung optimalisasi pengoperasian Bandara Kertajati yang lebih baik.

“Infrastruktur di bawahnya terutama jalan akses itu sedang dikejar oleh pemerintah Jabar. Jadi kita sama-sama bersama Pemprov Jabar, kabupaten/kota dan Kementrian Agama, sama-sama berupaya untuk bisa mempersiapkan infrastruktur yang lebih layak,” ungkapnya.

“Kemudian Menteri Perhubungan, dari pihak Bandara Kertajati sudah siap. Kepastiannya nanti akan diumumkan pada saat pengumuman embarkasi,” tutupnya.(Joni)

Array
header-ads

Berita Lainnya