Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menekankan para anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) terpilih dapat menjaga netralitas di Pemilu 2024.

KPU Kuningan Minta Anggota PPS Jaga Netralitas di Pemilu 2024

Ciremaitoday.com, Kuningan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menekankan para anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) terpilih dapat menjaga netralitas di Pemilu 2024. Sebab anggota PPS memiliki peran strategis dalam kelancaran dan suksesi pelaksanaan pemilu mendatang.

Ketua KPU Kuningan, Asep Z Fauzi dalam keterangan persnya, mengatakan, total anggota PPS yang dilantik sebanyak 1.128 orang tersebar di 376 desa dan kelurahan. Adapun prosesi pelantikan dilakukan pada Selasa (24/1/2023) di Gedung Diva Convention Hall Kuningan.

“Mereka diambil sumpah jabatan untuk melaksanakan tugas sebagai PPS. Tentu dengan mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi atau kelompok, serta mengedepankan netralitas dalam bekerja,” tandasnya.

Menurutnya, pelantikan anggota PPS menjadi penting dan strategis, terutama dalam penyiapan seluruh personel yang akan terlibat dalam penyelenggaraan agenda Pemilu 2024.

“Jadi setelah dilantik, anggota PPS untuk segera melaksanakan konsolidasi di internal. Konsolidasi internal ditunjukkan untuk memilih ketua dan divisi-divisi agar bisa segera bekerja sesuai tupoksinya masing-masing,” ucapnya.

Setelah itu, lanjutnya, konsolidasi yang dilakukan  untuk membentuk tim yang akan bekerja pada setiap tahapan Pemilu 2024 di tingkat desa. PPS diharapkan bisa melakukan konsolidasi eksternal, dengan komunikasi kepada pihak desa agar setiap tahapan pekerjaan berjalan lancar.

“Kita berharap, anggota PPS mampu menjalin sinergitas yang desa ataupun kelurahan demi mewujudkan pemilu 2024 yang berkualitas dan integritas,” imbuhnya.

Sementara Bupati Kuningan, Acep Purnama menyampaikan, agar seluruh anggota PPS dapat menjaga netralitas saat Pemilu 2024.

“Jalankan tugas dengan profesional, netral, dan adil. Tentu agar pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman, damai sesuai dengan yang diharapkan,” katanya.

Bupati Acep mengingatkan, posisi PPS sangat strategis dan memiliki arti sangat penting dalam  mensukseskan Pemilu 2024. 

“Jadi anggota PPS harus memiliki integritas, lalu mempunyai kompetensi serta memiliki keinginan yang kuat untuk mensukseskan Pemilu 2024,” pungkasnya.(*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *