Caption: Rapat kerja Komisi II DPRD Kota Cirebon, bersama Perundangan Air Minum Tirta Guru Nata, dan perwakilan warga Alana Village, Kebon Baru, Kecamatan Kejaksan, di Gedung DPRD setempat. Foto: dok.Humas DPRD Kota Cirebon 

Komisi II DPRD Kota Cirebon Tekankan Penyediaan Air Bersih Bagi Warga Alana Village

Ciremaitoday.com, Cirebon-Komisi II DPRD Kota Cirebon kembali mengingatkan Perumda Air Minum Tirta Giri Nata terkait pemenuhan kebutuhan air bersih untuk warga di Alana Village, Kebon Baru, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon.

Ketua Komisi II DPRD Kota Cirebon, H Karso SIP, menegaskan bahwa PAM Tirta Giri Nata telah menjanjikan penyambungan aliran air bersih dalam tempo tiga bulan pada pertemuan Januari lalu. Namun, hingga saat ini, realisasinya masih dalam tahap perencanaan menjelang bulan ketiga.

“Sebab, dalam rencana pelaksanaan kegiatan (RPK) PAM dilaksanakan pada triwulan keempat, sementara janji yang diberikan hanya dalam waktu 3 bulan saja,” ujarnya saat rapat kerja pada Rabu (6/3).

Komisi II merekomendasikan agar PAM dapat melakukan pekerjaan keadaan darurat dalam menangani pemenuhan kebutuhan air bersih untuk warga Alana Village, mengingat pentingnya kepastian tersambungnya aliran air bersih bagi warga.

Direktur Perumda AM Tirta Giri Nata, H Suyanto ST MT, menyatakan setuju dengan usulan Komisi II. Dia menjelaskan bahwa jika pelaksanaan program tersebut dimajukan dengan sistem emergency, diprediksi dapat rampung pada November 2024.

“Kami akan upayakan menggunakan sistem emergency, tidak lagi melalui sistem lelang, sehingga diproyeksikan dapat tersambung maksimal di bulan November,” ujarnya.

Perwakilan warga Alana Village, Kasno Hardi Iwan, menyampaikan kekecewaannya terhadap PAM Tirta Giri Nata karena dinilai lalai akan janji yang disampaikan. Ia menuntut agar PAM segera mengeksekusi penggalian pipa untuk penyaluran air bersih kepada warga.

“Kami menekankan PAM menepati janjinya, yang terpenting adalah waktu dimulainya penyaluran air, proses dimulainya kapan,” tegas Kasno.(*)

Array
header-ads

Berita Lainnya