Caption : Apel Peringatan Hari Pemadam Kebakaran Internasional atau International Firefighters' Day, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan di halaman HSSE Check Point RU VI. Foto : CT/Ist

Kilang Pertamina Balongan Gelar Apel International Firefighters’ Day

Ciremaitoday.com, Indramayu – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan menggelar Apel Peringatan Hari Pemadam Kebakaran Internasional atau International Firefighters’ Day, di halaman HSSE Check Point RU VI, Kamis (4/5/2023). Apel ini sebagai bentuk penghormatan terhadap pekerja yang bertugas sebagai firefighters atau pemadam kebakaran.

General Manajer PT KPI RU VI Balongan, Diandoro Arifian menyampaikan, peringatan hari pemadam kebakaran ini adalah untuk mengenang & menghormati komitmen, dedikasi serta pengorbanan petugas pemadam kebakaran di RU VI pada khususnya & di seluruh dunia pada umumnya.

Peringatan ini juga merupakan sebuah bentuk penghargaan kepada pekerja yang berprofesi sebagai Fireman atau petugas pemadam di RU VI maupun pekerja Non Fireman, namun dilatih dan diperbantukan apabila dibutuhkan pada saat keadaan darurat yakni TBKD (Tim Bantuan Keadaan Darurat).

“Menjadi seorang pemadam butuh keahlian khusus dan mental yang kuat, bahkan bertaruh nyawa, maka sudah sepatutnya dedikasinya harus kita hargai,” ujar Diandoro.

Pada kesempatan ini, Diandoro juga mengingatkan agar plant patrol maupun pengecekan peralatan fasilitas kilang harus terus dilakukan setiap saat agar insiden kebakaran yang pernah terjadi di Kilang Balongan tidak lagi terjadi.

“Kami meyakini bahwa kejadian ini tidak akan terulang lagi dengan komitmen dan upaya kita semua dalam menjaga kehandalan dan keselamatan proses,” Kata Diandoro.

Manajer HSSE PT KPI Refinery Unit VI Balongan Nur M Marheliansyah dalam acara tersebut melaporkan, Tim Bantuan Keadaan Darurat di RU VI Balongan memperlihatkan kinerja yang positif seperti rutin melakukan aktivitas latihan pemadam kebakaran di fire ground RU VI. Bahkan lanjut Nur, TBKD RU VI dan Fireman RU VI juga turun membantu ketika terjadi insiden di Plumpang.

Pada kegiatan Apel Peringatan International Firefighters’ Day ini, juga dilakukan serah terima jabatan TBKD periode periode 2022-2023 kepada TBKD periode 2023-2025 oleh GM RU VI Balongan. Selain itu, dilakukan juga penyerahan penghargaan The Best AKHLAK Fire Brigade dan The Best Fire Facility, serta penyerahan Sertifikat Fireman Level 1.

“Semoga penghargaan dan sertifikat yang diberikan, memberikan motivasi dan semangat kepada fireman dan TBKD,” ucapnya.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli menambahkan, pada 9-10 Mei 2023 nanti RU VI Balongan akan turun ke empat desa penyangga, yakni Desa Majakerta, Desa Sukaurip, Desa Sukareja, dan Desa Balongan untuk melakukan edukasi cara memadamkan api sekaligus latihan evakuasi warga ketika terjadi kebakaran.

Hal ini merupakan kegiatan lain dalam rangkaian event International Firefighters’ Day. Selain itu, RU VI juga akan mengadakan sosialisasi dan edukasi bahaya api sebagai upaya pencegahan kebakaran dan edukasi penanggulangan kebakaran kepada siswa TK dan SD pada 15 Mei 2023.

“Kami harap kegiatannya nanti bisa berjalan lancar dan bermanfaat untuk warga agar paham bagaimana penanggulangan kebakaran kecil di rumah sebelum menjadi besar dan kemana harus menyelamatkan diri,” terang Zulkifli. (*)

Array
header-ads

Berita Lainnya