Tampak suasana pelaksanaan Salat Idul Fitri di kawasan STKIP Muhammadiyah Kuningan, Jabar.

Jemaah Muhammadiyah di Kuningan Salat Idul Fitri Lebih Awal, Lancar dan Damai

Ciremaitoday.com, Kuningan – Jemaah Muhammadiyah di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, melaksanakan Salat Idul Fitri lebih awal di sejumlah lokasi berbeda. Setidaknya, ada 3 titik pelaksanaan Salat Idul Fitri yakni Kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan, SMK Muhammadiyah Jalaksana, dan Lapangan Desa Kutaraja di Kecamatan Maleber.

Pelaksanaan Salat Idul Fitri pada Jumat (21/4/2023) pagi, tidak menyurutkan semangat para jemaah yang berdatangan selepas waktu Subuh. Meski ada perbedaan waktu pelaksanaan Salat Idul Fitri, namun pihak Muhammadiyah berharap jika perbedaan ini tidak boleh menjadi penyebab perpecahan.

“Alhamdulillah pelaksanaan Salat Idul Fitri berjalan lancar, damai, dan penuh khidmat. Pak Bupati juga menyampaikan ucapan Selamat Hari Idul Fitri untuk warga Muhammadiyah, khususnya di Kabupaten Kuningan,” kata Sekretaris Umum Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kuningan, Ojo Utarja dalam keterangan persnya.

Pihaknya berpendapat, kaitan dengan hari lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah jika Muhammadiyah telah menetapkan pada 21 April 2023. Tentunya berdasarkan perthitungan metode Hisab Wujudul Hilal.

“Jadi kami dalam menentukan 1 Syawal 1444 H, ini menggunakan metode Hisab Wujudul Hilal. Sehingga berdasarkan pada perhitungan yang cermat dengan pedoman itu, maka Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1444 H pada hari sekarang Jumat 21 April 2023,” ungkapnya.

Sementara seorang imam dan khatib pelaksanaan Salat Idul Fitri di Lapangan Desa Kutaraja, Ustaz Didin Muhiddin menyampaikan pesan, kaitan pentingnya persatuan dan kesatuan menjalankan ajaran Islam. Karenanya, perbedaa yang ada harus dikelola dengan bijak dan dijadikan sebagai kekuatan membangun kebersamaan lebih kuat sesama umat muslim.

“Ramadan adalah bulan sedekah, jangan sampai kita bisa merayakan Idul Fitri dengan segala kebutuhan terpenuhi, namun ada tetangga kita yang masih kelaparan dan tidak bisa berlebaran dengan kebahagiaan. Hari Raya Idul Fitri ini semua harus bisa saling bermafaan, terutama kepada orang terdekat kita di antaranya ibu kita, ayah kita, suami/istri kita, anak-anak kita, dan kerabat saudara terdekat kita,” pungkasnya.(*)

Array
header-ads

Berita Lainnya