Jelang Pencoblosan, Apel Ribuan Mitra Babinsa Kodim Kuningan Siap Amankan Pemilu

Ciremaitoday.com, Kuningan – Ribuan warga bersama TNI melakukan apel akbar Mitra Babinsa Kodim Kuningan di lapangan sepak bola Ciporang, Kuningan, Jabar, pada Minggu (11/2). Apel Mitra Babinsa Kodim Kuningan Bersama Rakyat TNI Kuat diikuti oleh sekitar 3.659 orang, yang menandakan dukungan kuat dari masyarakat terhadap program TNI Angkatan Darat.
Hadir langsung Dandim Kuningan Letkol Inf Bambang Kurniawan, Kasdim Mayor Inf Uci Karlan, Dansub Denpom Kuningan Letda CPM Suhaemi, Ketua Bawaslu Kuningan Firman hingga para Danramil. Kehadiran mereka menegaskan komitmen bersama dalam menjaga keamanan dan stabilitas di Kabupaten Kuningan.
Saat sambutan, Dandim Letkol Inf Bambang Kurniawan mengingatkan kembali tentang pelaksanaan apel Mitra Babinsa tahun 2023 yang juga dihadiri hampir 5.000 orang. Ia menekankan bahwa kegiatan ini bukan hanya seremonial, melainkan bagian dari upaya kolaboratif antara TNI dan masyarakat dalam menjaga keamanan wilayah.
“Ini merupakan salah satu program TNI Angkatan Darat dengan masyarakat teritorial, untuk berkolaborasi dengan masyarakat yaitu menjaga keamanan di wilayah Kuningan,” katanya.
Dandim Letkol Inf Bambang Kurniawan juga menggarisbawahi pentingnya pembentukan mitra Babinsa mulai dari tingkat RT/RW. Sehingga dapat membantu TNI mendapatkan informasi akurat, dan memastikan keberadaan kodim di tengah-tengah kesulitan masyarakat.
“Maka hari ini saya mengangkat bapak dan ibu-ibu sebagai Garda bersama TNI, untuk menjaga stabilitas keamanan di Kabupaten Kuningan. Karena lahirnya TNI itu bersama rakyat, mereka suka dan duka bersama rakyat, saya selalu mengendepankan keamanan,” terangnya.
Sebab menurutnya, bahwa TNI lahir dari rakyat dan untuk rakyat, sehingga harus senantiasa bersama-sama dalam suka dan duka. Kemudian menekankan pula pentingnya sikap dan perilaku Babinsa dalam menjalin hubungan dengan masyarakat, menunjukkan bahwa babinsa adalah mata dan telinga yang tajam bagi TNI, berkat adanya mitra Babinsa.
“Jadi kepada Babinsa jaga sikap kalian kepada rakyat, kita itu merupakan saudara-saudara mereka dan bagian dari TNI Angkatan Darat. Maka sudah sepatutnya harus mempunyai sikap dan perilaku yang baik, jaga hubungan cari kesulitan apa yang ada di masyarakat,” ungkapnya.
Kegiatan apel yang berlangsung dengan aman dan teratur, menunjukkan kesiapan TNI dan masyarakat dalam bersinergi demi keamanan dan stabilitas di Kabupaten Kuningan. Ini merupakan langkah positif dalam memperkuat hubungan antara TNI dan rakyat, sekaligus membuktikan bahwa kerja sama yang erat dapat menghasilkan lingkungan yang aman dan kondusif untuk semua.(*) 

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *