Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cabang Cirebon membuka layanan penukaran uang baru bagi masyarakat di Wilayah III Cirebon, Jabar.

Jelang Lebaran, Layanan Penukaran Uang Baru BI Cirebon Diserbu Warga

Ciremaitoday.com, Cirebon – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cabang Cirebon membuka layanan bagi masyarakat yang hendak menukar uang baru. BI menyediakan layanan ini di 136 titik tersebar di Wilayah III Cirebon sejak Senin (10/4/2023).

Seperti halnya layanan penukaran yang bertempat di halaman parkir Grage Mal Kota Cirebon. Kendaraan Kas keliling yang disediakan oleh BI perwakilan Cirebon ini terlihat, diserbu oleh ratusan warga Cirebon yang rela mengantre demi menukar uang baru.

Bank Indonesia menyiapkan 800 paket penukaran uang dalam sehari. Setiap paket maksimal penukaran uang sebanyak senilai Rp3.800, hingga sebesar Rp100 ribu, dengan rincian pecahan Rp2.000, Rp5.000 hingga Rp20 ribu. Saat menerima penukaran konsumen akan mendapat pecahan uang sebanyak 100 lembar.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia cabang Cirebon, Hestu Wibowo mengatakan mulai tanggal 10 hingga 18 April mendatang pelayanan penukaran uang baru sudah dibuka di 136 titik yang tersebar di wilayah III Cirebon.

“Penukaran uang ini bisa dilakukan melalui online pintar, dan offline masyarakat bisa datang langsung ke titik-titik yang disediakan kendaraan kas keliling. Dari tanggal 10 hingga 18 April,” ujar Hestu kepada wartawan.

Menurutnya, pada penukaran perdana ini pihaknya menyiapkan sebanyak 800 paket. Namun, melihat antusias masyarakat yang cukup tinggi, dan paket tersebut dirasa kurang. Pihak BI akan menambah jumlah paket untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Alhamdulillah, antusias masyarakat hari ini cukup tinggi. Jika 800 paket yang kami sediakan dirasa kurang, maka kami akan menambah lagi jumlah paket untuk kebutuhan masyarakat yang hendak menukar uang baru,” katanya.

Sementara itu, Ana, salah seorang warga Cirebon yang hendak menukarkan uang ke Kendaraan Kas Keliling BI Cirebon, mengaku dirinya menukar uang untuk berbagi tunjangan hari raya pada saat lebaran nanti.

Ia menukarkan uang baru sebesar Rp500 ribu, dengan pecahan Rp1.000 hingga Rp20 ribu, masing-masing satu paket.

Dengan adanya Kendaraan Kas Keliling BI Cirebon ini, ia mengaku senang dan merasa terbantu dalam proses penukaran uang.

“Saya datang kesini sejak jam 8 pagi, dapat antrian cukup panjang. Sehingga bisa dapat menukarkan uang sekitar jam 10.30 siang, karena yang datang banyak banget mas,” ungkapnya.(Joni)

Array
header-ads

Berita Lainnya