Caption: Penyaluran bantuan pangan tahap pertama untuk wilayah Jawa Barat, yang dimulai pada Januari-Maret 2024. Foto: dok.DKPP Jabar

Jawa Barat Selesaikan Penyaluran Bantuan Pangan Beras Tahap 1 Tahun 2024

Ciremaitoday.com, Bandung-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) telah menyalurkan 100 persen bantuan cadangan pangan berupa beras untuk tahap pertama tahun 2024 kepada 4.445.601 keluarga penerima manfaat (KPM).

Penyaluran bantuan pangan ini merupakan bagian dari program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dan telah dikoordinasikan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat bersama Perum Bulog Wilayah Jawa Barat dan PT Pos Indonesia Regional 2 dan 3 Wilayah Jawa Barat.

Presiden Joko Widodo telah mengamanatkan penyaluran CPP Bantuan Pangan Komoditas Beras kepada 22.004.077 KPM di seluruh Indonesia, di mana setiap keluarga penerima manfaat akan menerima bantuan sebanyak 10 kg beras.

Kepala DKPP Jawa Barat, M. Arifin Soedjayana, mengatakan bahwa penyaluran bantuan pangan tahap pertama untuk wilayah Jawa Barat, yang dimulai pada Januari-Maret 2024, telah berhasil diselesaikan.

“Alhamdulilah, untuk tahap pertama ini tersalurkan 100 persen dengan jumlah penerima sebanyak 4.445.601 KPM atau setara dengan 44.456.010 kilogram beras,” ujar Arifin kepada wartawan di Kota Bandung, Kamis (4/4).

Arifin berharap bantuan pangan berupa beras ini tidak hanya sebagai instrumen pengendali inflasi, tetapi juga dapat bermanfaat bagi masyarakat Jawa Barat menjelang Hari Raya Idulfitri 2024.

“Semoga bantuan ini dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat menjelang Hari Raya Idulfitri. Untuk alokasi penyaluran tahap kedua masih menunggu arahan dari pemerintah pusat,” ucapnya.

Sumber data KPM program CPP ini berasal dari data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), yang selanjutnya diserahkan kepada Badan Pangan Nasional dan diteruskan kepada Perum Bulog untuk penyaluran Bantuan Pangan Komoditas Beras.

Arifin menegaskan bahwa mekanisme penyaluran bantuan ini mengacu kepada Keputusan Kepala Badan Pangan Nasional RI Nomor 01/TS.03.03/K/I/2024 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pangan Pemerintah untuk Pemberian Bantuan Pangan Tahun 2024.

Koordinasi dan kolaborasi dilakukan antara DKPP Jawa Barat, Bappeda Jawa Barat, Dinas Sosial Jawa Barat, Perum Bulog Wilayah Jawa Barat, Kantor Cabang Bulog Wilayah Jawa Barat, PT Pos Indonesia Regional 3 dan 2 bersama dinas terkait di kabupaten/kota untuk menjamin kelancaran penyaluran bantuan pangan ini.(*)

Array
header-ads

Berita Lainnya