Jadi Percontohan Mall Pelayanan Publik di Jawa Tengah, DPMPTSP Indramayu Belajar ke Kabupaten Banyumas

 

BANYUMAS, ciremaitoday.com, – Dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) Kabupaten Indramayu terus mematangkan persiapan pelaksanaan perizinan dan layanan lainnya di mall pelayanan publik (MPP) di Kabupaten Indramayu.

Tim bersama yakni dari DPMPTSP Kabupaten Indramayu, Dinas Pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) dan Dinas Perumahan, kawasan permukiman dan pertanahan Kabupaten Indramayu Kabupaten Indramayu melakukan studi banding ke Kabupaten Banyumas, Jawa tengah pada Jumat (10/3/2023). Hadir dalam kunungan tersebut, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Asep Abdul Mukti, S.T dan Kepala Dinas Perumahan, kawasan permukiman dan pertanahan Kabupaten Indramayu, Ir Aep Surahman.

Kunjungan tim bersama ini diterima oleh Kepala DPMPTSP Kabupaten Banyumas, Irawati, SE. Tim juga bertukar informasi terkait pelaksanaan mall pelayanan publik di Kabupaten Banyumas. Kepala DPMPTSP Kabupaten Indramayu, Dr. Ahmad Syadali, M.Ed mengatakan kunjungan ini dianggap cukup relevan. Apalagi Kabupaten Banyumas melalui Layanan Publik Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banyumas meraih predikat Juara 2 tingkat Nasional dari Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada tahun 2021. Selain itu, Mal pelayanan publik di Banyumas merupakan sarana pelayanan publik terpadu yang pertama di Jawa Tengah, sehingga menjadi salah satu percontohan di tingkat nasional.

“Mudah-mudahan, studi banding yang kita lakukan akan bermanfaat bagi Kabupaten Indramayu terutama peningkatan pelayanan perizinan dan penanaman modal di Kabupaten Indramayu, kata dia.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kabupaten Banyumas, Irawati, S.E mengatakan pelayanan di MPP ini tidak hanya untuk PTSP, tapi juga untuk OPD-OPD lain. Instansi dari luar (Pemkab Banyumas), seperti keimigrasian, kepolisian, kejaksaan, PLN, dan perbankan. Di MPP ini kan keterpaduan semua pelayanan di masyarakat bisa dalam satu lokasi,” kata dia. Mal Pelayanan Publik (MPP) Banyumas melayani lebih dari 500 jenis layanan melalui puluhan unit gerai yang ada di dalamnya. (CT)

 

Array
header-ads

Berita Lainnya