Caption : Bupati Cirebon, Imron. Foto : Joni

Investasi Turunkan Angka Pengangguran hingga 8,5 Persen di Kabupaten Cirebon

Ciremaitoday.com, Cirebon – Banyaknya investor yang menanamkan modalnya di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, cukup berdampak positif terhadap penyerapan tenaga kerja lokal. Angka pengangguran terbuka di Kabupaten Cirebon kini alami penurunan yang cukup signifikan pada tahun 2022.

Tercatat pada tahun 2021, angka pengangguran terbuka di Kabupaten Cirebon sebanyak 11,3 persen. Sedangkan pada tahun 2022, angka pengangguran terbuka di Kabupaten Cirebon hanya 8,5 persen.

Bupati Cirebon, H Imron Rosyadi bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cirebon, Novi Hendrianto beserta sejumlah pejabat lain sempat mengunjungi sejumlah perusahaan besar. Upaya ini untuk memastikan kondisi iklim perusahaan berjalan dengan baik.

“Kami ingin tahu, perkembangan perusahaan di Kabupaten Cirebon, saat COVID-19 dan pasca COVID-19,” kata Imron, Selasa (14/3/2023).

Selain itu, pihaknya membuka kritik dan saran dari sejumlah perusahaan, untuk mengetahui hal-hal yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki. Dalam kesempatan tersebut, Imron juga memastikan hak dan kewajiban dari para pekerja sudah dipenuhi dan dilaksanakan dengan baik.

Bahkan ujar Imron, dari beberapa perusahaan yang dikunjungi, ada yang pekerjanya sudah mendapatkan gaji di atas UMR. Bukan hanya itu, eks Kepala Kemenag Kabupaten Cirebon ini memastikan, bahwa pekerja di sejumlah perusahaan tersebut memprioritaskan warga Kabupaten Cirebon.

“Tadi saya wawancara dengan perusahaan, karyawannya kebanyakan orang Cirebon. Kami juga minta ke perusahaan untuk mengutamakan orang Cirebon,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Novi Hendrianto menambahkan, sejumlah perusahaan yang dikunjungi semuanya sudah sesuai dengan aturan yang ada. Menurut Novi, pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah ini cukup penting untuk memastikan hubungan antara pekerja, perusahaan, dan pemerintah berjalan dengan baik.

“Karena berkait baiknya iklim investasi di Kabupaten Cirebon, membuat angka pengangguran terbuka di Kabupaten Cirebon menurun dari 11,3 % menjadi 8,5 %,” katanya.(Joni)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *