Caption: Sekda Jabar, Herman Suryatman, saat Rapat koordinasi Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat (GWPP) dalam rangka pengentasan kemiskinan di Grand Sunshine, Kabupaten Bandung, pada Selasa (30/4). Foto: dok.Biro Adpim Jabar

Ini 3 Strategi Pengentasan Kemiskinan dan Stunting di Jabar

Ciremaitoday.com, BandungSekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Herman Suryatman, mengungkapkan tiga strategi untuk mengatasi kemiskinan ekstrem dan stunting di Jawa Barat. Hal ini disampaikannya saat membuka Rapat Koordinasi Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat (GWPP) dalam rangka pengentasan kemiskinan di Grand Sunshine, Kabupaten Bandung, pada Selasa (30/4/2024).

Rapat tersebut dihadiri oleh para sekretaris daerah dan kepala perangkat daerah terkait dari 27 kota/kabupaten se-Jawa Barat. Herman menjelaskan bahwa strategi pertama adalah dengan menurunkan beban pengeluaran masyarakat miskin.

“Kurangi beban pengeluaran antara lain pastikan masyarakat miskin, terutama miskin ekstrem mendapatkan perlindungan, bantuan, dan jaminan sosial sehingga beban pengeluarannya bisa diminimalisasi,” ujar Herman.

Strategi kedua adalah dengan meningkatkan pendapatan masyarakat miskin melalui mempermudah aksesibilitas terhadap permodalan dan izin usaha. Hal ini dilakukan untuk mendorong pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Jadi yang miskin harus diberikan kemudahan untuk mengakses lembaga-lembaga keuangan formal. Kita akan fasilitasi juga masyarakat miskin agar literate, kemudian punya persyaratan-persyaratan minimal untuk usaha serta memiliki NIB,” katanya.

Strategi ketiga adalah meminimalkan wilayah kantong kemiskinan melalui kolaborasi bersama program strategis kabupaten/kota maupun provinsi. Herman juga menyebut dua strategi sederhana dalam pengentasan stunting yang harus terus diupayakan di lapangan.

“Penanganan mulai dari hulu sampai hilir, yaitu mulai dari remaja, pasangan usia subur/calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, dan anak berusia 0-59 bulan, maka kemiskinan dan stunting di Jabar bisa menurun signifikan,” pungkasnya.(*)

Array
header-ads

Berita Lainnya