Caption: Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar), Bey Machmudin, saat meresmikan Penggunaan Kembali dan Menyerahkan Aset Jembatan Cikarang kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi di Jembatan Cikarang I, Kabupaten Bekasi, Rabu (1/5). Foto: dok.Biro Adpim Jabar

Hari Air Sedunia, Bey Machmudin Apresiasi Peran Penjaga Pintu Air dan Petugas Bendungan 

Ciremaitoday.com, Bandung-Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Machmudin, mengungkapkan apresiasi dan terima kasihnya kepada para penjaga pintu air dan petugas operasional bendungan di Jawa Barat dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia. Dalam acara Sarasehan di Situ Kemang, Kabupaten Bogor, Bey menyoroti peran vital para petugas tersebut dalam manajemen air dan keselamatan masyarakat.

Bey mengatakan bahwa seringkali peran penjaga pintu air dan petugas bendungan dianggap remeh, padahal mereka merupakan elemen penting dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, seperti pertanian, pasokan air bersih, energi listrik, pengendalian banjir, dan pariwisata.

“Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para penjaga pintu air serta petugas operasi bendungan, saya mengapresiasi inisiatif Dinas Sumber Daya Air yang telah mengadakan kegiatan pembinaan dan pelatihan,” ujar Bey, Kamis (2/5).

Bey juga mengajak masyarakat Jawa Barat untuk menjaga air sebagai sumber kehidupan dan lingkungan yang berkelanjutan. Dengan pemberdayaan masyarakat, pembangunan infrastruktur berkelanjutan, dan advokasi kebijakan inklusif, Bey yakin bahwa air dapat menjadi alat untuk menyatukan, bukan memisahkan.

Dalam tema Hari Air Sedunia 2024, “Water for Peace” atau “Air untuk Perdamaian”, Bey menegaskan pentingnya menjaga air untuk menciptakan harmoni, bukan untuk kepentingan perang yang merusak.

“Mari kita perkuat kolaborasi dan keterlibatan aktif dari semua pemangku kepentingan untuk melindungi dan melestarikan sumber daya air,” pungkasnya.(*)

Array
header-ads

Berita Lainnya