PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan menggelar kegiatan Fire Goes To Campus melalui Bagian Emergency and Insurance–HSSE RU VI di Kampus Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB), Selasa (2/7/2024). (Foto: Istimewa)

Fire Goes to Campus ke ITPB, Pertamina Kenalkan Alat Pemadam yang Ada di Kilang Balongan

Ciremaitoday.com, Indramayu – Dalam rangka menyemarakkan Peringatan Hari Pemadam Kebakaran Internasional atau International Firefighters Day (IFFD), PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan menggelar kegiatan Fire Goes to Campus melalui Bagian Emergency and Insurance–HSSE RU VI. Kegiatan dilaksanakan di Kampus Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB), Selasa (2/7/2024).
 
Pjs. Section Head Emergency and Insurance RU VI, Yogi Wardana, mengatakan bahwa kegiatan Hari Pemadam Kebakaran Internasional atau International Firefighters Day diperingati setiap tanggal 4 Mei. Tujuannya, kata Yogi, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para petugas pemadam kebakaran atas jasa-jasa mereka.
 
Disampaikan Yogi, melalui kegiatan Goes to Campus ini, Pertamina memiliki maksud mensosialisasikan bahwa Kilang Pertamina Balongan sebagai industri migas yang memiliki risiko tinggi terjadinya insiden juga memiliki pekerja yang bertugas sebagai pemadam kebakaran, dan perannya sangat penting dalam menjaga agar kebakaran tidak terjadi atau jika terjadi insiden bisa cepat tertangani sesuai SOP perusahaan.
 
“Kami harap fire goes to campus ini bisa memberikan wawasan tentang equipment dan peran pemadam kepada mahasiswa,” ujar Yogi.
 
Sementara itu, Rektor ITPB, Hanifah Handayani, dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas kegiatan fire goes to campus yang digelar untuk mahasiswanya, terutama pada prodi Fire and Safety dan Rekayasa Keselamatan Kebakaran.
 
Menurut Hanifah, melalui kegiatan lapangan yang dilakukan Kilang Pertamina Balongan ini dapat memberikan gambaran bagaimana sistem dan peralatan pemadam yang dimiliki Kilang Balongan, dan ini selaras dengan mata kuliah di Kampus ITPB.
 
“Kami harap ini memberikan semangat dan motivasi kepada mahasiswa untuk semakin meningkatkan kompetensi dan berharap kelak bisa menjadi bagian pekerja Kilang Pertamina Balongan,” kata Hanifah.
 
Kegiatan Fire Goes to Campus ini memberikan materi terkait tools and equipment atau peralatan pemadam kebakaran di Kilang Balongan yang disampaikan oleh Shift Supervisor Fire Brigade RU VI, Agus Hariyanto.
 
Dalam pemaparannya, Agus menerangkan saat ini Kilang Balongan dilengkapi dengan Fire Truck yang berfungsi membawa media pemadam seperti air, foam, dan dry chemical. Kemudian, lanjutnya, Kilang Balongan juga memiliki Fire Truck Bronto (mobil tangga) yang dikhususkan beroperasi untuk pemadam di ketinggian.
 
Selain itu, Kilang Balongan juga dilengkapi HCFM (High Capacity FoamMonitor), Portable Fire Pump, Springkler Area Proses, hingga yang umum seperti APAR (Alat Pemadam Api Ringan). (Dindin Ahmad S)
Array
header-ads

Berita Lainnya