Caption: Kasat Lantas Polres Cirebon Kota, AKP Ngadiman, saat terjun langsung mengatur lalu lintas. Foto: dok.Humas Polres Cirebon Kota 

Dua Pekan Operasi, Polisi di Cirebon Tindak Ribuan Pelanggar Lalu Lintas

Ciremaitoday.com, Cirebon-Kesadaran masyarakat akan keselamatan dalam berkendara atau berlalu lintas di Cirebon hingga saat ini masih kerap diabaikan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengendara yang ditindak oleh Polisi akibat melanggar lalu lintas.

Tercatat ada 1345 pelanggar lalu lintas di wilayah hukum Polres Cirebon Kota berhasil ditindak selama Operasi Keselamatan Lodaya tahun 2024.

Kasat Lantas Polres Cirebon Kota, AKP Ngadiman, menerangkan, selama operasi keselamatan lodaya pihaknya telah melakukan tindakan dan teguran terhadap pelanggar lalu lintas. Penindakan itu dilakukan selama hampir dua pekan kebelakang terhitung mulai dari 4 hingga 17 Maret 2024.

“Kami berhasil menindak dan memberi teguran terhadap 1345 Pelanggar lalu lintas di jalanan yang masuk ke wilayah hukum Polres Cirebon Kota,” ujar Ngadiman kepada wartawan, Rabu (20/3).

Menurutnya, pelanggaran lalu lintas yang dilakukan para pengendara tersebut ada beragam jenis, seperti tidak menggunakan helm sebanyak 890 pelanggar, kemudian pengendara yang melawan arus lalu lintas 175 pelanggar.

“Lalu pelanggaran pengemudi dibawah umur sebanyak 104 pelanggar, pengendara berbonceng lebih dari 1 orang tercatat ada 144 Pelanggar dan pengendara yang menggunakan Handphone yakni sebanyak 32 pelanggar,” ungkapnya.

Untuk mengurangi angka pelanggaran lalu lintas, kata dia, selama operasi tersebut juga pihaknya menggelar berbagai kegiatan, antara lain pembinaan dan penyuluhan atau Binluh ke Sekolah, Kampus dan edukasi langsung ke masyarakat di Jalanan wilayah Kota Cirebon.

“Itu penting, dari anggota kita paparkan bagaimana berkendara dengan baik di jalanan, bawa surat-surat, kendaraan yang laik dan lainnya, bahkan untuk knalpot bising atau yang tidak sesuai dengan spesifikasi kita ganti ditempat,” tandasnya.

Meski demikian, secara menyeluruh dari berbagai operasi lainnya hingga kini kesadaran dalam berlalu lintas meningkat dan cukup bagus kemudian berkurangnya angka pelanggaran lalu lintas akan terus dimaksimalkan kedepannya sehingga masyarakat di wilayah hukum Kota Cirebon bisa taat dan patuh dalam berlalu lintas di jalanan.

“Kami juga menghimbau kedepan terus taati aturan lalin dengan baik sehingga dapat terhindar dari kecelakaan lalin di jalanan, maka dari itu sadar lalin sangat penting dan hal ini akan terus dimaksimalkan,” pungkasnya.(*)

Array
header-ads

Berita Lainnya