Caption: Pelantikan pengurus Dekranasda Jawa Barat periode 2023 hingga 2024 di Kerabat Store, Dekranasda Jabar, Kota Bandung pada Senin (13/11). Foto: Ist

Dekranasda Dipuji Pj Gubernur Jabar Usai Majukan Produk Kriya ke Kancah Internasional

Ciremaitoday.com, Bandung-Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin memberi apresiasi terhadap kinerja Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat yang dinilai sudah mampu mengangkat produk kriya ke level nasional dan internasional.

Bey mengatakan kinerja Dekranasda Jabar terbukti moncer karena banyak meraih prestasi terutama di level kompetisi nasional.

“Prestasi Dekranasda, yakni sudah membawa kerajinan Jawa Barat mendunia,” katanya usai melantik pengurus Dekranasda Jawa Barat periode 2023 hingga 2024 di Kerabat Store, Dekranasda Jabar, Kota Bandung pada Senin (13/11).

Bey berharap pengurus baru Dekranasda Jabar yang dipimpin Ketua Amanda Machmudin dan Ketua Harian Noneng Komara terus melakukan inovasi agar produk kerajinan Jawa Barat makin mendunia.

“Kerajinan daerah bukan sekedar produk namun juga cerminan nilai-nilai leluhur masyarakat Jawa Barat. Dengan Dekranasda sebagai wadah pengembangan, kita punya kesempatan menjaga dan menghidupkan kembali tradisi-tradisi yang telah diterima dari generasi terdahulu,” ucapnya.

Menurutnya, kriya Jawa Barat yang merupakan bagian dari ekonomi kreatif diharapkan bisa jadi penyumbang ekspor mengingat kerajinan dan bahan yang dihasilkan para pelaku usaha makin beragam dan bernilai seni tinggi.

Bey berpesan agar pada saat menampilkan kriya Jawa Barat di berbagai ajang nasional maupun internasional, pengurus menyelipkan pesan dan gambaran terkait budaya.

“Kerajinan Jawa Barat tak hanya lebih mendunia lagi, tapi budayanya juga lebih dikenal. Jadi tidak hanya kerajinannya saja, tapi budaya Jawa Barat-nya juga,” ujarnya.

Lewat keterangannya pula, Ketua Harian Dekranasda Jabar Noneng Komara mengatakan Dekrasnada harus terus mengembangkan produk lokal dengan kualitas dan selera internasional.

Selama COVID-19, Noneng mengakui para pelaku usaha kerajinan di Jawa Barat terdampak signifikan. Maka dari itu, pelaku kerajinan kini harus didorong pemasarannya.

“Karena di sini mereka yang terlibat itu suka dan ingin memajukan produk kriya Jawa Barat. Tak hanya pengurus provinsi tapi juga pengurus kabupaten dan kota,” katanya

“Mereka terbaik dari seluruh kerajinan daerah lain di Indonesia. Bahannya juga beragam, dari kain, bambu, kayu hingga logam,” lanjutnya.

Noneng juga mengajak pecinta kriya untuk mengunjungi Kerabat Store yang berlokasi di Jalan Ir H Juanda Nomor 19 (Dago) Kota Bandung. Menurutnya Kerabat Store menghadirkan produk unggulan yang sudah dikurasi dan berkualitas mulai fesyen, kerajinan, kuliner, hingga bisa menjadi ruang pertunjukan budaya.(*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *