Ternyata COVID-19 memiliki dampak berbahaya bagi otak! (Koran Tempo)

COVID-19 Ternyata Memiliki Dampak yang Sangat Serius Terhadap Kesehatan Otak

Ciremaitoday.com, Indramayu COVID-19 ternyata memiliki dampak yang sangat serius nan tidak main-main terhadap kesehatan otak kita.

Ya benar sekali. Hal tersebut diungkapkan baru-baru ini oleh seorang dokter dan ahli epidemiologi klinis di Sistem Perawatan Kesehatan VA Saint Louis, Amerika Serikat, Ziyad Al-Aly.

COVID-19 Memiliki Dampak Mengerikan Terhadap Otak

 

COVID-19
Ternyata berbahaya banget ke otak kita! (BBC)

 

Al-Aly mengungkapkan hal tersebut setelah menyoroti apa yang dia temukan sebagai “tanda tak terhapuskan” yang ditinggalkan oleh virus tersebut pada otak.

Al-Aly yang telah mempelajari Long COVID-19 sejak laporan awal penyakit ini, bahkan sebelum istilah tersebut diciptakan oleh komunitas medis, menjelaskan bahwa orang yang mengidap COVID berada pada peningkatan risiko penurunan kognitif termasuk masalah memori.

“Sebuah penelitian terhadap orang-orang dengan bentuk virus ringan hingga sedang menunjukkan peradangan otak yang signifikan dan berkepanjangan, serta perubahan yang sepadan dengan tujuh tahun penuaan otak,” jelas Al-Aly beberapa waktu yang lalu.

Volume Otak Juga Menyusut

Bahkan menurut pengamatannya, terjadi penyusutan volume otak dan perubahan struktur otak setelah terinfeksi COVID.

Tak cuma itu, penelitian lain pun menunjukkan adanya kemungkinan penurunan kognitif dan kerusakan otak lainnya.

“Orang yang memerlukan rawat inap atau perawatan intensif di tengah infeksi COVID-19 mungkin mengalami defisit kognitif dan kerusakan otak lainnya yang setara dengan penuaan 20 tahun,” tambahnya.

Al-Aly yang juga sempat melakukan otopsi terhadap orang yang meninggal akibat COVID-19 parah menemukan terjadinya kerusakan para pada otak mereka. Bahkan virus tersebut masih ada di jaringan otak meski si penderita telah meninggal dunia.

Array
header-ads

Berita Lainnya