Caption: Gelaran Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023 yang digagas oleh Dandim 0620 dalam rangka HUT TNI ke-78 dengan tema "TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju" di Desa Panguragan, Kabupaten Cirebon. Foto: Ist

Bupati Cirebon Pastikan Pasokan Air untuk Pertanian Cukup

Ciremaitoday.com, Cirebon-Bupati Cirebon beserta jajaran hadiri gelaran Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023 yang digagas oleh Dandim 0620 dalam rangka HUT TNI ke-78 dengan tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”, Rabu (1/11).

Kegiatan tersebut dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia melalui Video Conference (Vicon) bersama Wakil Presiden (Wapres), KH. Ma’ruf Amin dan Panglima TNI, Yudo Margono bertempat di Desa Panguragan, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon.

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag mengatakan, Desa Panguragan merupakan salah satu desa ketahanan pangan, karena di desa ini memiliki area pesawahan yang luas sekitar 460 hektar sawah dan sebagian siap panen.

“Kami menghadiri acara Gerakan Ketahanan Pangan Nasional yang digagas oleh Dandim 0620, dalam rangka HUT TNI yang ke-78 di Desa Panguragan,” ujarnya.

Imron mengatakan, melihat luas sawah di Desa Panguragan tersebut dapat mencukupi sebagai salah satu sumber ketahanan pangan di Kabupaten Cirebon.

“Melihat angka 460 hektar, kan, mencukupi untuk Kabupaten Cirebon,” sambungnya.

Ia menambahkan, sebetulnya di wilayah barat sering terjadi kekeringan, faktor tersebut yang membuat para petani gagal panen.
“Untuk saat ini, masih ada pasokan air dari Waduk Jati Gede yang ada di Sumedang dan pasokan air dari Bendungan Rendeng,” tambahnya.

Disamping itu, sektor pertanian di Desa Panguragan, sejauh ini tidak kendala dalam pasokan air, karena ada pasokan air dari Waduk Jati Gede.

Area pesawahan disini sudah masuk musim panen, jadi tidak terlalu banyak membutuhkan pasokan air.

“Kalau padinya baru tandur (tanam), perlu pasokan air yang banyak, karena jika airnya kurang, maka akan mengakibatkan mati atau gagal panen,” jelasnya. (*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *