Caption: Penandatanganan berkas penyerahan bantuan Bentor oleh Bupati Cirebon kepada PCNU. Foto: Ist

Bupati Cirebon Beri Bantuan Bentor untuk Kuatkan Ekonomi Warga NU

Ciremaitoday.com, Cirebon-Bupati Cirebon, Imron, memberikan bantuan kendaraan motor roda tiga atau Bentor kepada Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kabupaten Cirebon. Penyerahan bantuan ini ditandai dengan penandatanganan berkas serah terima barang di Kantor PCNU Kabupaten Cirebon, Kamis (30/11).

Imron mengatakan, ada 18 armada Bentor yang diserahkan pada tahap pertama ini, untuk keseluruhannya Bentor yang diberikan untuk PCNU ada sebanyak 40 unit. Hal ini bertujuan sebagai upaya pemerintah dalam membantu menguatkan bidang ekonomi di tingkat MWCNU di daerahnya.

“Kami berharap dengan adanya bentor ini, perekonomian PCNU bisa berkembang dan kami juga berharap PCNU Kabupaten Cirebon bisa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Cirebon di segala bidang, baik pendidikan, ekonomi, dan yang lain-lainnya,” ujar Imron.

“Nanti ditambah lagi, jadi total ada 40 (Bentor). Ini untuk masyarakat nanti dikoordinatori MWCNU,” sambungnya.

Ia berharap dengan adanya bentor ini, masyarakat di kecamatan atau MWCNU ini bisa membangun perekonomian di daerahnya. “Kami harap bantuan bentor ini bisa membangun perekonomian masyarakat Kabupaten Cirebon,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Cirebon, KH Aziz Hakim Syaerozie menyampaikan ucapan terima kasih pada Pemerintah Kabupaten Cirebon yang mengapresiasi gagasan yang menurutnya dianggap sebagai bagian role model.

“Karena ini merupakan mekanisme pemberdayaan yang kita anggap sistematis.Ini secara umum adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kecamatan-kecamatan,” katanya.

Kenapa hal itu dianggap kesejahteraan, karena bentor ini tidak hanya berfungsi sebagai operasional organisasi. Tetapi yang terpenting adalah bentor ini untuk memberdayakan terutama warga Nahdliyyin agar mereka mendapatkan peluang usaha dalam bidang logistik.

“Bentor ini akan dikelola secara profesional, kemudian di bawah nanti akan dilaksanakan oleh mereka yang memenuhi persyaratan menjadi pelaku logistik di bidang retribusi logistik,” ujarnya.

Yang kedua, lanjut Kiai Aziz, bentor ini secara spesifik akan didayagunakan untuk menjadi alat transportasi meningkatkan penjualan NU mineral. NU mineral ini adalah milik Nahdlatul Ulama.

Jadi, pihaknya berharap dengan adanya bentor ini, tingkat penjualan NU mineral akan lebih besar lagi. Perputaran uang juga akan banyak terjadi di tingkat kecamatan.

“Sehingga secara prinsip Nahdlatul Ulama insya Allah role model ini dengan cara kita akan membangun data statistik keuangan dari mulai sebelum ada bentor, nanti setelah ada bentor itu berapa besar peningkatan jumlah omzet yang ada di kecamatan-kecamatan,” pungkasnya.(*)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *