Caption: Pembukaan Grebeg Cirebon Katon. Foto: dok.Diskominfo Kabupaten Cirebon

Buka Grebeg Cirebon Katon, Bupati Imron Ingin Tradisi Ini Harus Dipertahankan!

Ciremaitoday.com, Cirebon-Bupati Cirebon,  Imron, membuka gelaran Grebeg Cirebon Katon di Halaman SOR Watubelah Sumber, Kabupaten Cirebon, Senin (13/5). Acara yang berlangsung hingga Minggu, 19 Mei 2024, diharapkan mampu menarik banyak wisatawan dan meningkatkan perekonomian lokal.

Acara ini merupakan bagian dari peringatan Hari Jadi ke-542 Kabupaten Cirebon dengan tema “Cirebon Sun Kelangon, Cirebon Aku Rindu Berat”.

Grebeg Cirebon Katon menghadirkan beragam pertunjukan menarik, seperti tari topeng kolosal, sandiwara, parade burok, street magician, otomotif show, hingga penampilan band ternama.

Bupati Imron mengapresiasi antusiasme masyarakat yang turut memeriahkan acara ini.

“Saya sangat mengapresiasi semangat warga Kabupaten Cirebon dalam menghadiri Grebeg Cirebon Katon. Kehadiran acara ini mampu membangkitkan semangat para pelaku UMKM,” ujar Imron.

Caption: Pembukaan Grebeg Cirebon Katon. Foto: dok.Diskominfo Kabupaten Cirebon

 

Ia juga menekankan pentingnya mempertahankan unsur kearifan lokal dalam setiap kegiatan yang digelar di Kabupaten Cirebon.

“Setiap kegiatan yang digelar di Kabupaten Cirebon harus menyelipkan unsur kearifan lokal. Ini harus dipertahankan oleh semua,” katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cirebon, Abraham Mohammad, turut menekankan pentingnya kegiatan ini untuk mendongkrak minat wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

“Saat kunjungan wisatawan meningkat, otomatis perekonomian warga naik. Sektor wisata merupakan salah satu kontributor PAD terbesar,” ujar Abraham.

Ia berharap pemerintah daerah terus mengadakan acara serupa untuk meningkatkan daya tarik wisata Cirebon.

Dengan banyaknya pengunjung yang hadir, puluhan tenant UMKM ikut serta dan mendapatkan kesempatan untuk memasarkan produk mereka selama acara berlangsung. Grebeg Cirebon Katon bukan hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga momen penting bagi pertumbuhan ekonomi lokal.(*)

Array
header-ads

Berita Lainnya