Caption: Lahan di Kawasan Wisata Plangon Kabupaten Cirebon yang akan digunakan sebagai objek wisata kebun binatang. Foto: Tarjoni/Ciremaitoday 

Buat Mini Zoo, Pengusaha Bantah soal Kebun Binatang di Wisata Plangon, Cirebon

Ciremaitoday.com, Cirebon-Kawasan hutan Plangon yang terletak di wilayah Kecamatan Talun dan Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, ternyata tidak akan dijadikan wisata kebun binatang seperti yang sebelumnya dilaporkan, tetapi akan dikembangkan menjadi wilayah Mini Zoo.

Hal ini ditegaskan oleh Kiki, anggota keluarga dari pengusaha PT. Sumber Wisata Plangon yang berencana mengelola kawasan tersebut. Kiki menegaskan bahwa semua berita yang menyebutkan kawasan Plangon akan dibangun menjadi kebun binatang adalah hoaks.

Iia menjelaskan bahwa pembangunan kebun binatang memerlukan anggaran besar dan proses yang panjang. Saat ini, pihaknya baru membebaskan sekitar 2,5 hektare lahan dari rencana pengembangan total 10 hektare. Lahan yang telah dibebaskan sedang dipersiapkan untuk pembangunan akses jalan.

“Rencana pembangunan seluas sepuluh hektare itu hoaks. Bahkan, ada isu yang menyebutkan hingga 70 hektare. Kami baru membebaskan dua setengah hektare, dan rencananya akan dibangun masjid dan rumah makan terlebih dahulu,” ujar Kiki kepada wartawan, Jumat (26/4).

Menanggapi soal perizinan, Kiki menyatakan bahwa pihaknya kini masih menempuhnya atau sedang dalam proses. Meskipun demikian, dia membantah bahwa pembangunan telah dimulai sebelum izin diterbitkan.

Menurutnya, pembebasan lahan dan pembangunan akses jalan serta lahan parkir bukanlah bagian dari pembangunan utama yang memerlukan izin.

Kiki menegaskan bahwa kawasan tersebut akan dijadikan Mini Zoo. Pada tahap awal, akan dibangun dengan luas kurang dari lima hektare untuk menghindari persyaratan izin Amdal dari kementerian. Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa investasi keluarganya dalam pengembangan kawasan wisata Plangon sering kali menjadi target isu negatif.

“Kami adalah investor lokal asli Cirebon. Kami berharap mendapatkan dukungan dari pihak lain. Rekomendasi dari Dinas Budaya dan Pariwisata sudah kami dapatkan. Kami akan melanjutkan proses izin lainnya sambil melakukan pembebasan lahan milik warga,” ucapnya.

Caption: Kadisbudpar Kabupaten Cirebon, Abraham Mohamad, saat memberikan keterangan pers. Foto: Tarjoni/Ciremaitoday

 

Sebelumnya, kabar yang telah beredar bahwa Kawasan Wisata Plangon akan dibangun kebun binatang dengan luas sekitar kurang lebih 10 hektare. Lokasi tersebut, yang berada di Desa Kubang Kecamatan Talun dan berbatasan dengan Kecamatan Sumber, merupakan tanah warga setempat yang saat ini sedang dalam proses pembebasan.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar)Kabupaten Cirebon, Abraham Mohamad, pun sempat membenarkan rencana pembangunan kebun binatang di kawasan tersebut. Abraham juga mengaku telah, mengeluarkan surat rekomendasi kepada pengusaha Dede Dwi Indra Lesmana, direktur utama PT Sumber Wisata Plangon, pada 19 April 2024.

Meskipun demikian, terkait perizinan yang sedang dalam proses namun pembangunan sudah berjalan, Abraham enggan memberikan komentar lebih lanjut. Dia menyatakan bahwa pihaknya hanya memberikan rekomendasi dan tidak dapat mencampuri proses perizinan yang dilakukan oleh pengusaha.(*)

Array
header-ads

Berita Lainnya