Badan Pertanahan Nasional (BPN) menargetkan 1 juta patok batas di seluruh tanah air, melalui program Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas.

BPN Targetkan 1 Juta Patok Batas, Kuningan Ditargetkan 10 Ribu Patok

Ciremaitoday.com, Kuningan – Badan Pertanahan Nasional (BPN) menargetkan 1 juta patok batas di seluruh tanah air, melalui program Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas). Namun khusus di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, ditargetkan hanya sebanyak 10 ribu patok batas.

Pencanangan Program Gemapatas sendiri akan dimulai pada Jumat (3/2/20203) besok di Desa Sindangsari, Kecamatan Sindangagung, Kuningan. Nantinya, kegiatan tersebut akan disaksikan langsung unsur forkopimda dan 30 kepala desa yang telah ditetapkan sebagai target lokasi PTSL-PM tahun 2023.

Kepala BPN Kuningan, Surahman kepada awak media, Kamis (2/2/2023), mengatakan, Program Gemapatas merupakan langkah awal dalam mempersiapkan pelaksanaan kegiatan PTSL. 

“Jadi untuk tahun ini, pelaksanaan program PTSL terdapat proses pengumpulan data fisik yang sebelum pelaksanaan dilakukan pemasangan tanda batas,” ucapnya.

Kemudian khusus di tahun ini, lanjutnya, terdapat 61.408 target peta bidang dan target sertifikat sebanyak 30.864 bidang. Yakni tersebar di 30 desa dengan 10 kecamatan di Kabupaten Kuningan.

“Namun kalau di tahun 2022, target PTSL hanya mencapai 92 persen. Total dari 90.000 target sertifikat hanya tercapai 82.000 sertifikat, harapan kami di tahun 2023 target dapat tercapai 100 persen,” imbuhnya.

Sehingga dibentuknya PTSL berbasis partisipasi masyarakat di tahun 2023, Ia berharap, bisa membantu sepenuhnya petugas di lapangan dengan menunjukkan batas bidang tanahnya.(*)

Array
header-ads

Berita Lainnya