Caption: Bimtek dan peluncuran Tim Penyelenggara Simpul Informasi Geospasial, di Garden Hotel Majalengka pada Jumat (8/3). Foto: Diskominfo Majalengka

Bimtek Informasi Geospasial di Majalengka: Memperkuat Infrastruktur Data untuk Pembangunan

Ciremaitoday.com, Majalengka-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Majalengka bekerja sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) Jawa Barat menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Pengolahan, Pengelolaan, dan Penyebarluasan Informasi Geospasial.

Acara berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 6 hingga 8 Maret 2024, dihadiri oleh perwakilan dari seluruh Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Majalengka, perwakilan BPS, dan total 42 peserta.

Pj Bupati Majalengka, Dedi Supandi, menutup acara Bimtek sambil meluncurkan Tim Penyelenggara Simpul Informasi Geospasial, di Garden Hotel Majalengka pada Jumat (8/3).

Dedi Supandi, menyambut baik kerja sama Diskominfo dan BIG Jabar atas keberhasilannya dalam upaya meningkatkan kualitas SDM bidang data serta membentuk Tim Penyelenggara Simpul Informasi Geospasial Kabupaten Majalengka.

“Saya berharap Tim dapat segera menyusun Standar Operaional Prosedur (SOP) penyelenggaraan Geospasial di Kabupaten Majalengka, agar data yang diperoleh, diolah, digunakan dan disebarluaskan berkualitas serta sesuai standar,” ujarnya.

Ia juga berterima kasih kepada Tim Penyelenggara Simpul Jaringan Informasi Geospasial, khususnya BIG Jabar dan Diskominfo sebagai walidata, karena walaupun Tim baru ditetapkan tanggal 6 Maret 2024, namun dengan mandiri ditengah keterbatasan telah mampu mengatarkan Majalengka dalam katagori optimal dibidang pengelolaan geospasial.

Diakhir sambutan Dedi Supandi meminta Satu Data dan Satu Peta di Kabupaten Majalengka semakin maju serta dapat menyediakan data yang akurat untuk kemajuan data di Majalengka naik kelas.

Kepala Diskominfo Kabupaten Majalengka, Gatot Sulaeman, mendukung penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) dengan salah satu faktor pendukungnya adalah penyelenggaraan Informasi Geospasial, sebagaimana diamanatkan dalam Perpres Nomor 27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional.

Hal ini bertujuan untuk tersedianya satu peta yang mengacu pada satu referensi geospasial, satu standar, satu basis data, dan satu geoportal guna percepatan pelaksanaan pembangunan nasional yang terintegrasi dalam Simpul Jaringan Informasi Geospasial.

Menurut Gatot, untuk penyelenggaraan simpul jaringan informasi geospasial, diperlukan pembangunan 5 (lima) elemen jaringan informasi geospasial, antara lain Kebijakan, Kelembagaan, SDM, Teknologi, dan Standar.

Oleh karena itu, peningkatan kapasitas SDM dilakukan melalui pelatihan Bimbingan Teknis, serta penyelenggaraan Simpul Jaringan Informasi Geospasial.

“Demi mewujudkan tata kelola penyelenggaraan simpul jaringan informasi geospasial Kabupaten Majalengka yang terstandar dan berkualitas, kami memandang perlu untuk dilaksanakannya peningkatan kapasitas SDM dengan pelatihan Bimbingan Teknis, kemudian Penyelenggara Simpul Jaringan Informasi Geospasial,” ujar Gatot.

Sementara itu dalam paparannya, perwakilan dari Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial (BIG), Seto Baruno, mengucapkan terimakasih atas dukungan kolaborasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka melalui Diskominfo atas terselenggaranya kegiatan Bimtek Pengolahan, Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial demi mewujudkan Satu Data Indonesia di Kabupaten Majalengka.

Masih dikatakan Seto, Badan Informasi Geospasial merupakan lembaga yang pada intinya membuat peta wilayah seluruh Indonesia, sekaitan dengan penyelenggaraan Bimtek ini, kami mendukung peningkatan kualitas SDM demi terwujudnya Simpul Jaringan Informasi Geospasial yang lebih baik di Kabupaten Majalengka.

“Kabupaten Majalengka dalam katagori pengelolaan geospasial Optimal berdasarkan Aplikasi Simojang BIG, dan di Provinsi Jawa Barat baru ada 4 Kabupaten/ kota yang yang menyandang katagori ini, salah satunya Majalengka. 23 Kabupaten/ Kota lainnya masih dalam katagori berkembang, ” ujarnya.(*) 

Array
header-ads

Berita Lainnya