Caption: Rapat paripurna di Griya Sawala gedung DPRD Kota Cirebon, pada Senin (6/5). Foto: dok.Humas DPRD Kota Cirebon 

Begini Rekom DPRD Kota Cirebon atas LKPj Walikota 2023

Ciremaitoday.com, Cirebon-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cirebon telah menyampaikan rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Walikota Cirebon tahun 2023. Rekomendasi tersebut diumumkan dalam rapat paripurna di Griya Sawala gedung DPRD pada Senin (6/5).

Ketua DPRD Kota Cirebon, Ruri Tri Lesmana, memimpin rapat tersebut dan mengatakan bahwa DPRD telah membahas LKPj secara komprehensif sesuai dengan ketentuan yang ada.

“DPRD melalui Pansus pembahas LKPj Walikota Cirebon 2023 sudah membahas secara komprehensif, menyusun catatan-catatan penting. Sekaligus, menyusun rekomendasi yang mengakomodir masukan dari komisi-komisi dan fraksi-fraksi,” ujarnya.

Ketua Pansus Pembahas LKPj Walikota Cirebon 2023, Harry Saputra Gani SH, menjelaskan bahwa catatan-catatan rekomendasi tersebut telah disampaikan kepada Walikota Cirebon untuk menjadi bahan pertimbangan dalam perencanaan program pemerintah daerah.

Ia juga menegaskan bahwa rekomendasi tersebut harus dilaksanakan sebagai proses perbaikan kinerja pemerintah daerah.

“Salah satu rekomendasi DPRD adalah terkait urusan pendidikan, di mana terdapat 30 persen sekolah dalam keadaan rusak sedang dan berat. DPRD mendorong penambahan anggaran untuk perbaikan sekolah,” katanya.

Di bidang kesehatan, DPRD menyoroti kurangnya fasilitas sarana dan prasarana di rumah sakit serta kurangnya pengawasan terhadap rumah sakit swasta oleh Dinas Kesehatan.

Menurutnya, DPRD mendorong bantuan keuangan untuk pengadaan sarana dan prasarana rumah sakit serta optimalisasi pengawasan terhadap rumah sakit swasta.

Dalam urusan pekerjaan umum dan penataan ruang, DPRD mencatat masih banyak pembangunan yang belum dilaksanakan dari tahun sebelumnya serta kurangnya pemeliharaan dan perbaikan infrastruktur sarana dan prasarana umum.

“DPRD juga menekankan agar pemda segera melaksanakan skala prioritas pembangunan sesuai rekomendasi,” ucapnya.

Urusan perumahan rakyat dan kawasan permukiman juga menjadi sorotan DPRD, di mana masih terdapat beberapa kawasan kumuh di Kota Cirebon dan banyak pohon besar, tua, kering, dan mati yang cukup membahayakan masyarakat.

Kemudian, kata dia, pihaknya meminta pemda segera melaksanakan penjadwalan rutin pemeliharaan, pemangkasan, dan penanaman pohon pengganti.

Sementara itu, Pj Walikota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi, menyatakan bahwa rekomendasi DPRD ini akan ditindaklanjuti bersama masing-masing perangkat daerah pengampu.

Ia menekankan pentingnya agar rekomendasi tersebut segera dijalankan untuk penyempurnaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah yang lebih baik di masa yang akan datang.(*)

Array
header-ads

Berita Lainnya