Caption : Bupati Indramayu, Nina Agustina bersama Presiden RI, Joko Widodo saat melihat batik complongan di pergelaran ajang GBN 2023. Foto : Ist

Batik Complongan Indramayu Jadi Ikon GBN 2023, Bupati Nina Berharap Bisa Dikenal di Mancanegara

Ciremaitoday.com, Indramayu-Yayasan Batik Indonesia (YBI) menjadikan batik complongan Kabupaten Indramayu menjadi ikon Gelar Batik Nusantara (GBN) 2023. YBI mengklaim batik complongan Indramayu memiliki kekhasan tersendiri dan layak diperkenalkan lebih jauh untuk nasional dan internasional.

Penilaian YBI tidak terlepas dari peran Bupati Indramayu, Nina Agustina, yang dinilai memiliki perhatian besar terhadap perkembangan batik Indramayu.

Ketua YBI, Gita Pratama, menilai Bupati Indramayu Nina Agustina layak disebut sebagai pelopor kebangkitan batik Indramayu. Oleh karenanya YBI menetapkan batik complongan menjadi salah ikon batik nusantara.

“Ibu Bupati Indramayu memiliki semangat yang luar biasa untuk mengembangkan sekaligus menjadikan momentum kebangkitan batik khas Indramayu ini,” ujar Gita di Indramayu, Kamis (3/8/2023).

Pernyataan Gita bukan isapan jempol. Buktinya, saat membuka GBN 2023 di Jakarta Pusat beberapa hari lalu, Presiden Joko Widodo mengenakan batik complongan motif lokcan. Hal itu tentu saja membanggakan masyarakat Indramayu.

Dihubungi terpisah, Bupati Indramayu, Nina Agustina, momentum dijadikannya batik complongan sebagai ikon GBN, disebutnya sebagai gairah kebangkitan batik Indramayu.

Nina berharap kebangkitan batik Indramayu ini akan makin memperkuat keberlangsungan usaha kecil dan menengah sehingga ikut mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Memang butuh waktu, tetapi kita harus berbuat untuk kemajuan Indramayu. Ke depan, tentu harus sering digelar event untuk lebih memperkenalkan batik Indramayu lainnya, tidak hanya complongan,” ujar Nina.

Selain itu, dengan kebijakannya telah menghantarkan batik tulis complongan Indramayu menjadi ikon kegiatan akbar Gelaran Batik Nusantara (GBN) tahun 2023.

Event akbar GBN yang dipelopori Yayasan Batik Indonesia (YBI) ini dibuka Presiden RI, Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo pada 2 Agustus dan berakhir 6 Agustus 2023.

Caption : Bupati Indramayu, Nina Agustina bersama Presiden RI, Joko Widodo melihat batik complongan dalam pergelaran GBN 2023. Foto : Ist

 

Bupati Indramayu Nina Agustina menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh YBI dengan menjadikan Batik Tulis Complongan Indramayu menjadi ikon kegiatan GBN. Momen ini merupakan kesempatan berharga untuk menjadikan Batik Tulis Complongan Indramayu semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia dan mancanegara.

“Ini sangat luar biasa, kita berharap momentum GBN ini menjadi kebangkitan Batik Tulis Complongan Indramayu bisa diterima dan memenuhi pasar Nusantara dan mancanegara sehingga bisa berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat terutama para perajin batik tulis Indramayu,” kata Nina.

Seperti diketahui, untuk melindungi dan mengembangkan Batik Tulis Complongan Indramayu, Pemkab Indramayu bersama dengan Kelompok Masyarakat Perlindungan Geografis Batik Tulis Complongan telah mendaftarkan Indikasi Geografis ke Kementerian Hukum dan HAM RI.

Selain itu, melalui Surat Edaran Bupati Indramayu Nomor 5101/322/Diskopdagin tanggal 29 Mei 2023, Bupati Indramayu memberikan himbauan untuk mengenakan Batik Tulis Complongan setiap hari Kamis dan hari tertentu di lingkungan Pemkab Indramayu.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Indramayu, Indra Mulyana AP, M.Si dalam kesempatan terpisah menjelaskan Pemkab Indramayu akan terus melestarikan budaya dan warisan daerah yang khas Indramayu seperti batik complongan.

“Bupati Nina Agustina terus mendukung pengembagan batik khas Indramayu untuk bisa dikenal di nusantara bahkan mancanegara,” katanya. (*)

Array
header-ads

Berita Lainnya