Caption: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Foto : Joni

Akhir Masa Jabatan, Ridwan Kamil Berhasil Ubah Status Miskin 310 Ribu Warga Jabar Jadi Menengah

Ciremaitoday.com, Cirebon– Masa jabatan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Wakilnya UU Ruzhanul Ulum akan berakhir sekitar 6 sampai 7 Minggu lagi atau September 2023 mendatang.

Hal ini, disampaikan Ridwan Kamil saat membuka pelaksanaan uji kompetensi wartawan (UKW) di Hotel Aston, Kedawung, Kabupaten Cirebon, Rabu (19/7/2023).

Pada momen itu juga, Gubernur Jabar yang akrab disapa Kang Emil ini menyampaikan, Pemprov Jabar telah berhasil menurunkan angka kemiskinan di Jawa Barat dan lebih rendah jika dibandingkan angka kemiskinan nasional.

“Jawa Barat kemiskinannya sudah turun di 7,62 persen. Sementara nasional di 9,2 persen,” ujarnya.

Menurutnya, sebanyak 310 ribu warga Jabar saat ini telah naik status dari miskin menjadi menengah.

“Dua tahun terakhir 310 ribu warga sudah tidak miskin lagi. Masuk ke kategori kelas menengah,” katanya.

Artinya, kata dia, tidak ada lagi penambahan data kemiskinan di Jabar. Sehingga, secara otomatis menjadikan Provinsi Jawa Barat adalah yang terbaik dalam mengatasai angka kemiskinan se-Pulau Jawa.

“Yang ada penurunan dengan jumlah terbesar di seluruh Pulau Jawa. Di banding Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, kira-kira itu. Jadi ini suatu contoh saja, pencapaian,” ungkapnya.

Keberhasilan menurunkan kemiskinan ini, lanjutnya, merupakan hasil dari beberapa program Pemprov Jabar yang telah dijalankan. Di antaranya mulai dari Sekoper Cinta, Petani Milenial, One Pesantren One Product (OPOP), dan Kredit Mesra. (*)

Array
header-ads

Berita Lainnya