Sebanyak 1.272 orang terpilih sebagai anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

1.272 Orang Terpilih Jadi Anggota PPS, Ini Harapan Bupati Cirebon

Ciremaitoday.com, Cirebon – Sebanyak 1.272 orang terpilih sebagai anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Mereka resmi dilantik pada Selasa (24/1/2023) di Lapangan Ranggajati, Kecamatan Sumber, Cirebon.

Bupati Cirebon, Imron mengucapkan selamat kepada para PPS yang dilantik agar menjalankan kinerjanya sesuai mekanisme. “Kalian adalah orang-orang pilihan yang diberikan tugas dan tanggung jawab dari negara sebagai bagian dari pelaksanaan pemilu. Semoga amanah ini bisa dijalankan dengan baik sesuai aturan, sehingga tujuan pemilu bisa terlaksana dengan baik dan benar,” ungkap Imron.

Pihaknya berharap, anggota PPS bisa membantu sosialisasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan pemilu nanti. Agar masyarakat Kabupaten Cirebon bisa turut serta di hajat demokrasi lima tahunan tersebut.

“Saya berpesan agar tahapan dan mekanisme disampaikan melalui sosialisasi kepada masyarakat jelang Pemilu 2024. Semoga pemilu nanti bisa kembali menghasilkan pemimpin pilihan masyarakat dalam pesta demokrasi lima tahunan,” imbuhnya.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Sopidi menjelaskan, mereka yang dilantik merupakan hasil seleksi dari sejumlah tahapan yang digelar dari awal hingga akhir. Awalnya jumlah pendaftar mencapai 5 ribu orang, namun hanya 1.272 orang terpilih sebagai Anggota PPS sesuai kebutuhan perwakilan 3 orang dari tiap desa dan kelurahan.

“Total saat ini yang dilantik sebanyak 1.272 PPS hasil seleksi tahapan yang telah dilalui. Mereka sudah bisa mulai bekerja untuk menjalani tugasnya sesuai mekanisme,” terangnya.

Dalam waktu dekat, lanjutnya, kinerja PPS ke depan akan membentuk petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) sebanyak 7.492 orang. Tugasnya nanti akan membantu PPS dan KPU, semoga bisa koordinasi dengan berbagai pihak dan mulai bekerja di desa dan kelurahan masing-masing dalam kesiapan sebagai pelaksana pemilu di 14 Februari 2024 mendatang.

Selain itu, kata dia, PPS agar bisa menjalankan kinerja sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan penuh tanggung jawab. “Sampaikan kepada warga pemilih untuk datang dan memilih. Selamat menjalankan tugas sebagai PPS dan siap menjadi garda depan untuk suksesi Pemilu 2024. Aja (jangan, red) golput, hayu nyoblos,” tutupnya. (Joni)

header-ads

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *