Caption: Ilustrasi Pemilu 2024. Foto: Shutterstock

Ini 3 Nama Incumbent PDIP yang Jadi Calon Kuat Ketua DPRD Kabupaten Cirebon

Ciremaitoday.com, Cirebon-Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Cirebon dipastikan menjadi pemenang Pemilu 2024 dengan perolehan suara terbanyak. Hal itu pun memicu sejumlah nama yang menjadi calon kuat pengisi kursi Ketua DPRD Kabupaten Cirebon.

Nama-nama itu merujuk pada ketiga incumbent, yakni Rudiana, Rohayati, dan Aan Setiawan. Sebab, ketiga nama itu dipastikan kembali mengisi kursi parlemen di DPRD Kabupaten Cirebon usai berhasil memperoleh suara yang signifikan.

Meski demikian, selain nama-nama tersebut, juga muncul dua nama yang juga dipastikan berhasil menang Pileg 2024, yakni Sekretaris DPC PDIP, Sophi Zulfia dan Muchidin adik kandung Ketua DPC PDIP Kabupaten Cirebon yang juga menjabat Bupati Cirebon, Imron. Kedua nama tersebut juga berhasil meraih suara yang signifikan di Dapilnya.

Rudiana yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon pun menyatakan, bahwa nama yang mengisi kursi Ketua DPRD harus dari incumbent. Artinya, hanya dirinya, Rohayati, dan Aan Setiawan, yang memiliki peluang besar.

Hal itu, terlepas dari adanya caleg dari PDIP lainnya yang berhasil meraih suara tertinggi. Caleg tersebut tidak bisa menjadi ketua dewan.

“Aturannya tidak begitu. Bukan anggota dewan yang mendapatkan suara terbanyak tapi harus anggota dewan incumbent. Kami hanya menyisakan tiga orang kelihatannya,” ujar Rudiana, kepada wartawan, Senin (26/2).

Meski demikian, Rudiana tak ingin berandai-andai siapa yang akan terpilih menjadi ketua DPRD Kabupaten Cirebon. Sebab, hal tersebut ada pada ranah DPP PDIP.

Saat ini, aku dia, pihaknya sedang fokus mengawal perolehan suara saat pleno KPU berlangsung.

“Semua kami serahkan kepada keputusan DPP PDIP. Yang jelas, kami dipastikan menjadi pemenang pemilu di Kabupaten Cirebon,” ucapnya.

Pernyataan Rudiana, juga diperkuat oleh, Aan Setiawan. Namun, anggota DPRD Kabupaten Cirebon yang dipastikan terpilih lagi untuk yang ke lima kalinya itu memilih berlapang dada dalam menanggapi hal tersebut.

Kemenangan PDIP di Kabupaten Cirebon, cukup membuat dirinya bersyukur. Artinya, sama halnya dengan Rudiana, soal pemilihan Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Aan juga menyerahkannya ke DPP sebagai pemegang wewenang.

“Yang pasti siapapun ketuanya, ya berasal dari incumbent anggota dewan karena sudah aturan partai. Kalau ada nama Sophi dan Muchidin yang menjadi kans kuat, mereka kan bukan incumbent, walaupun Sophi memang sekretaris DPC PDIP Kabupaten Cirebon,” ujar Aan.(*)

Array
header-ads

Berita Lainnya