Panwascam Pabedilan Fokus Awasi Tahapan Tungsura, Minta PTPS Waspada

Ciremaitoday.com, Cirebon – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pabedilan Kabupaten Cirebon menegaskan fokusnya pada tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura) dalam Pemilu 2024.

Ketua Panwascam Pabedilan, Carya Yaya Sundraya, mengatakan bahwa tahapan Tungsura memiliki peran penting sebagai penentu akhir sebelum hasil pemilu ditetapkan. Oleh karena itu, pihaknya mendorong agar Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) selalu waspada dan memiliki pemahaman yang sama dalam mencegah pelanggaran.

“PTPS memiliki peran berat dalam menghadapi waktu kerja yang terbatas. Koordinasi yang aktif antara petugas KPU, PTPS, PKD, dan Panwascam sangat penting,” ujarnya saat rapat koordinasi, Senin (12/2).

Carya menekankan pentingnya menyelesaikan masalah sesuai instruksi Bawaslu. Komunikasi yang baik dianggap sebagai kunci utama dalam menyelesaikan berbagai masalah yang muncul. Namun, jika komunikasi tidak membuahkan hasil, pelaporan ke Bawaslu menjadi langkah yang diperlukan.

“Pentingnya menyelesaikan setiap masalah sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh Bawaslu juga kami tekankan. Komunikasi yang efektif menjadi solusi utama, namun jika diperlukan, pelaporan ke Bawaslu menjadi langkah yang diperlukan,” pungkasnya.

Panwascam juga akan melakukan evaluasi terhadap proses pemantauan dan mengajak seluruh pihak untuk mematuhi prosedur administrasi dengan baik, dengan harapan setiap masalah dapat ditangani dengan tertib dan efisien.(*)

Array
header-ads

Berita Lainnya