Panwascam Suranenggala Adakan Rakor Tungsura Pemilu 2024

Ciremaitoday.com, Cirebon – Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Suranenggala telah melaksanakan rapat koordinasi (rakor) persiapan pemungutan dan perhitungan suara (Tungsura) bersama Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) Se-Kecamatan Suranenggala, pada Senin (12/2/2024).

Ketua Panwascam Suranenggala, Koharrudin, menjelaskan bahwa rakor tersebut merupakan bagian dari tahapan persiapan Pemilu 2024 sesuai dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Perbawaslu) Nomor 1 Tahun 2024.

“Rakor ini bertujuan untuk memastikan kesiapan lokasi TPS, pendistribusian C-Pemberitahuan, serta kesiapan KPPS beserta kelengkapannya,” ujarnya.

Salah satu fokus utama pada tahapan persiapan Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura) adalah mengawasi pendistribusian formulir C1 dan pemberitahuan oleh KPPS kepada pemilih agar dilakukan dengan tepat waktu dan sesuai prosedur.

Selain itu, rakor Tungsura juga dilakukan untuk memastikan kesiapan TPS menghadapi berbagai kemungkinan buruk yang dapat terjadi, seperti penyusunan TPSH-1 Pelaksanaan Pemungutan.

“Kami juga memperhatikan potensi cuaca buruk seperti hujan, serta kemungkinan pemadaman listrik saat proses pemungutan dan perhitungan suara,” tambahnya.

Koharrudin menambahkan bahwa rakor Tungsura juga menjadi kesempatan bagi Panwascam Suranenggala untuk melakukan pemantapan kapasitas seluruh jajaran PKD dan Pengawas TPS Se-Kecamatan Suranenggala dalam menghadapi hari-H pemungutan suara.(*)

Array
header-ads

Berita Lainnya